Negara Paling Sering Terkena Bencana Alam, Salah Satunya Indonesia

Negara Paling Sering Terkena Bencana
Ilustrasi Bencana Tsunami. Foto: Istimewa

Tinggal di negara paling sering terkena bencana alam tentu saja menjadi kekhawatiran tersendiri. Terlebih lagi, ada kalanya bencana alam terjadi tanpa ada peringatan sebelumnya.

Bencana alam itu sendiri meliputi gempa bumi, tsunami, badai siklon tropis, banjir, tanah longsor, dan masih banyak lagi. Dampak yang ditimbulkan dari bencana alam tidak main-main.

Bencana alam menimbulkan kerugian material dan bahkan memakan korban jiwa. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui negara mana saja yang sering dilanda bencana alam.

Dengan mengetahuinya, anda bisa lebih waspada jikalau datang berkunjung. Disamping itu, anda juga bisa tahu apakah Indonesia termasuk ke dalam negara yang rawan bencana alam tersebut.

Negara Paling Sering Terkena Bencana Alam Berupa Gempa Bumi

Gempa bumi termasuk salah satu bencana alam yang sulit diprediksi sehingga sering terjadi tanpa ada peringatan. Tidak adanya persiapan menyebabkan dampak yang ditimbulkan sangat mengerikan.

Mengenai negara mana saja yang sering dilanda bencana berupa gempa bumi, anda bisa tahu dengan mengikuti ulasan di bawah ini.

Jepang

Bukan rahasia lagi jika Jepang menjadi langganan gempa bumi. Hal ini dikarenakan negara Jepang terletak di wilayah cincin api. Dimana wilayah tersebut juga bertepatan dengan lempeng pasifik yang aktif bergeser.

Dari lokasi wilayahnya, negara paling sering terkena bencana alam ini dilanda gempa bumi dengan kuantitas 1.500 sampai 3.000 gempa setiap tahunnya dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Semakin mengerikan lagi karena gempa yang terjadi di Jepang seringkali disusul gelombang tsunami. Pasalnya, letak daratan Jepang dikelilingi oleh lautan luas.

Indonesia

Selain Jepang, Indonesia juga sering dilanda gempa bumi. Seperti yang diketahui, sudah banyak daerah yang mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi.

Dibalik bencana alam tersebut, ditemukan fakta bahwa Indonesia ternyata berada di wilayah cincin api Pasifik seperti halnya Jepang.

Potensi gempa bumi di negara paling sering terkena bencana alam ini semakin meningkat karena banyaknya jalur gunung berapi yang aktif. Gempa ini juga berpotensi diikuti dengan tsunami.

Sekilas untuk diketahui, Indonesia pernah sangat berduka dengan bencana alam yang terjadi di Aceh. Pada tahun 2004, Aceh dilanda gempa bumi berkekuatan 9,1-9,3 SR.

Gempa mengerikan tersebut disusul dengan gelombang tsunami setinggi 30 meter. Bencana mengerikan tersebut tak pernah dilupakan dan bahkan menjadi sorotan dunia.

Negara Paling Sering Terkena Bencana Alam

Jika ulasan di atas hanya fokus pada bencana alam yang berupa gempa bumi, kali ini anda bisa tahu negara mana saja yang dilanda bencana alam dalam artian menyeluruh.

Sesuai dengan data Statista yang dihimpun pada tahun 2018 kemarin, berikut daftar negara yang sering terkena bencana alam.

Myanmar

Salah satu negara yang berduka karena sering dilanda bencana alam yaitu Myanmar. Seperti yang diketahui, Myanmar adalah salah satu bagian dari Asia Tenggara.

Negara ini mengalami banyak kasus bencana alam yang menelan kerugian besar dan banyak korban jiwa. Mengerikan lagi karena bencana alam yang terjadi seringkali menjadi satu rangkaian.

Dimulai dengan hujan yang lebat dan diikuti dengan badai, tanah longsor, dan bahkan banjir. Adapun salah satu peristiwa bencana alam yang melanda Myanmar terjadi pada Juni 2018.

Filipina

Selain Myanmar, Filipina juga dikategorikan sebagai negara paling sering terkena bencana alam. Dari sekian banyak bencana alam yang menyerang, ada taifun Mangkhut dan taifun Haiyan yang menjadi sorotan dunia.

Bagaimana tidak, pada tahun 2018 kemarin, bencana alam tersebut menyerang berbagai daerah sekaligus. Kerusakan yang ditimbulkan pun tak bisa dihitung lagi.

Sekilas untuk diketahui, taifun Mangkhut dan taifun Haiyan adalah topan yang termasuk siklon tropis terkuat. Dampak yang ditimbulkan badai ini benar-benar mengerikan.

India

Pada tahun 2018 kemarin, India dilanda bencana alam hingga 22 kasus. Bahkan salah satu wilayahnya, yaitu Kerala, masuk ke dalam kategori terparah dengan bencana alam berupa banjir.

Banjir mengerikan yang melanda Kerala mengharuskan 35 juta warga meninggalkan rumahnya. Sebelumnya, India juga sempat dilanda banjir parah yang terjadi pada tahun 1924.

Banjir bukan hanya menyebabkan kerusakan saja, akan tetapi juga menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Dunia ikut berduka dengan apa yang dialami salah satu negara paling sering terkena bencana alam ini. (R10/HR-Online)