Nyari Tambahan? Jadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan

Nyari Tambahan? Jadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan

Berita Inspirasi Bisnis, (harapanrakyat.com),- Menjadi seorang blogger bukanlah sesuatu yang sulit, asalkan anda memiliki rasa percaya diri terhadap tulisan tangan sendiri atau mempunyai hobi menulis. Maka dari hasil menulis blog yang berkualitas, anda dapat memperoleh penghasilan tambahan. Berikut ini cara bagaimana menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

Membuat Konten Bermanfaat dan Menarik

Bagi pembaca, konten bermanfaat yang anda tulis bisa menjadi solusi. Selain bermanfaat, konten yang menarik juga diperlukan untuk membahas suatu topik dengan sudut pandang yang unik. Usahakan gunakan sudut pandang yang belum pernah diupload pada website lain.

Mengenalkan Produk

Mendapat penghasilan dari penjualan produk, misalnya menjual buku. Meski membutuhkan waktu yang lama, tapi ini bisa sangat menguntungkan. Contohnya tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa produk virtual lain, seperti laporan, software dan sebagainya.

Menjaga Kepercayaan Pembaca

Untuk menjaga kepercayaan, maka anda perlu konsisten dalam membuat konten blog. Misalnya meminta kritik dan saran, sehingga dapat memperbaiki dan mempertahankan blog yang Anda miliki.

Blog Event

Selain menjaga kepercayaan, langkah untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan yaitu dengan mengadakan event. Bisa dari konferensi besar sampai pertemuan blogger dan pembaca. Penghasilan bisa didapat dari pembayaran tiket, sponsor event atau pembaca yang hadir.

Tingkatkan Kualitas SEO Blog

Konten blog yang Anda tulis harus muncul pada halaman pertama di google. Sehingga, mudah ditemukan oleh pembaca. Salah satunya Anda bisa mempelajari bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO blog. Anda bisa mempelajarinya atau membacanya di ebook gratis yang tersedia di berbagai sumber.

Membangun Kedekatan dengan Pembaca

Anda perlu mengecek setiap pembaca yang datang menikmati konten yang anda buat. Maka anda dapat mendekati pembaca dan membangun komunitas. Komentar yang pembaca tulis menjadi peluang untuk mendekati secara personal, sehingga pembaca akan datang kembali untuk mengunjungi blog milik Anda.

Endorsement

Blogger mendapatkan penghasilan dari hasil mempromosikan produk atau layanan, baik dalam bentuk unboxing, review atau deskripsi produk. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk mengendorse produk atau layanan, tergantung dari permintaan perusahaan tersebut.

Recurring Income

Recurring income, dapat disebut continuity program, atau membership program, yang memiliki arti pembaca akan membayar uang secara teratur. Bisa bulanan atau tahunan untuk mendapatkan konten premium, layanan, pelatihan, area komunitas maupun gabungan dari semua konten tersebut.

Dari beberapa cara diatas, sebagai acuan untuk Anda yang akan memulai membuat blog sebagai sumber penghasilan, dapat dilakukan dengan mencari saran atau mencari pengetahuan mengenai hal tersebut.

Dan jangan bosan untuk terus mencoba sampai usaha yang dilakukan membuahkan hasil. Dengan memunculkan ide-ide cemerlang yang berkualitas, sesuai situs web yang akan Anda kelola, berpotensi menghasilkan kesuksesan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...