Olahraga untuk Atasi Depresi, Baiknya Dicoba!

Olahraga untuk Atasi Depresi

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Olahraga untuk atasi depresi ini ada baiknya dicoba! Pasalnya, olahraga menjadi salah satu aktivitas yang digemari oleh banyak kalangan, baik kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Banyaknya kegiatan membuat seseorang menjadi depresi dan sulit menempatkan waktu yang cukup untuk berolahraga. Tetapi olahraga dapat dilakukan di luar ruangan (outdoor) maupun didalam ruangan (indoor). Berikut jenis olahraga untuk atasi masalah depresi.

Lari

Lari merupakan jenis olahraga yang dapat memberikan perkembangan level kebugaran. Olahraga ini juga dapat mengatasi penderita depresi.

Karena dengan berlari, maka mudah untuk melihat seberapa besar peningkatan kemampuan pada diri Anda. Dengan berolahraga lari juga, dapat membuat diri lebih fokus untuk berjuang meraih target secara personal.

Yoga

Yoga menjadi olahraga untuk atasi depresi yang berfokus pada pernapasan, sehingga memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

Bahkan, ketika Anda menarik nafas panjang dan mengeluarkannya secara perlahan, maka rasa cemas akan berkurang.

Olahraga ini menjadi alternatif untuk mengatasi depresi, cemas, rasa marah maupun gejala gangguan mental lainnya.

Berenang

Berenang dapat membantu menenangkan pikiran. Namun Anda tidak perlu melakukan olahraga ini terlalu lama atau terlalu sering.

Cukup lakukan secara rutin, yaitu sekitar 30 menit saja dalam waktu 3-5 kali dalam seminggu.

Hiking

Alam dapat memberi efek untuk menenangkan pikiran khususnya saat berada diantara pepohonan. Zat kimia yang dikeluarkan pada pohon mampu mengurasi rasa cemas pada diri Anda.

Studi membuktikan, dengan sering berjalan-jalan di hutan, kadar hormon stres bisa lebih rendah dari pada yang hanya berjalan di sekitar perkotaan saja.

Menari

Menari seperti zumba, salsa, atau sekedar mengikuti irama pada musik, menjadi rekomendasi. Selain untuk mengurangi berat badan, juga dapat memberikan efek positif pada kesehatan mental.

Penelitian membuktikan, dengan mengikuti kelas menari, maka dapat mengurangi rasa cemas dan dapat menjadi sarana ekspresi yang kuat antara tubuh dan pikiran Anda.

Strength Training

Strength Training atau lebih dikenal sebagai olahraga latihan pembentukan otot. Tetapi olahraga ini dapat memiliki efek mental yang kuat. Salah satunya sebagai bentuk pengurangan rasa depresi dan kecemasan.

Olahraga dengan kekuatan mampu memperbaiki mood, mempermudah tidur, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengurangi stres.

Bersepeda

Bersepeda adalah cara terbaik yang dapat dilakukan sebagai penghilang depresi dan dapat meningkatkan mood.

Agar lebih menikmati dan mengekspresikan diri, anda dapat melakukannya dengan mencari lintasan yang dipenuhi pepohonan.

Anda juga dapat mengajak orang terdekat untuk olahraga bersepeda. Ceritakanlah hal yang menyenangkan untuk meredakan rasa stres yang terkumpul di benak anda. Bagaimana, minatkah anda melakukannya?

Demikian olahraga untuk atasi depresi yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain olahraga, meminta pendapat pada orang terdekat dapat mengurangi beban pikiran. (Deni/R4/HR-Online)