Pancaroba, Begini Cara Menangkal Flu saat Musim Hujan

Cara Menangkal Flu saat Musim Hujan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Memasuki pergantian musim, penting untuk mengetahui cara menangkal flu saat musim hujan. Terlebih lagi untuk Anda yang bekerja dan banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Walau hanya flu, penyakit satu ini sangat mengganggu dan kadang menyebabkan sulit konsentrasi saat melakukan berbagai hal. Untuk itu, ikuti 6 cara tangkis flu saat musim hujan di bawah ini, supaya Anda bisa sehat selalu!

Rajin Cuci Tangan

Tahukan Anda bahwa rajin cuci tangan bisa menangkan virus flu dan membantu terhindari dari masuk angin dan batuk? Cuci tangan Anda dengan benar menggunakan sabun di antara jari-jari, di bawah kuku dan bagian atas tangan Anda. Jangan lupa untuk bilas dan keringkan tangan setelah selesai cuci tangan.

Minum Banyak Air

Walau musim hujan datang, menjaga tubuh untuk tidak dehidrasi juga seharusnya dilakukan. Minum air hangat dicampur perasan lemon antara  6 hingga 8 gelas air sehari akan baik bagi tubuh juga berguna untuk menjaga kehangatan tubuh. Air hangat membuat sirkulasi darah Anda berjalan lancar dan dapat melindungi Anda dari infeksi dan alergi.

Sering Berganti Pakaian

Cara menangkal flu saat musim hujan yang terbaik adalah menjaga tubuh tetap hangat dan kering. Inilah mengapa Anda wajib membawa dan menyimpan pakaian cadangan di tas. Bertahan dengan pakaian basah atau lembab bisa membuat Anda masuk angina dan flu.

Jaga Asupan Nutrisi

Jaga pola makanan selama musim hujan adalah salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan. Beberapa makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan yaitu sup, buah-buah seperti pepaya, pears, plums atau apel, atau minum minuman hangat layaknya teh jahe dan lemon tea.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga baik dilakukan untuk menghadapi cuaca dingin musim hujan. Biasakan untuk menambahkan paprika, stroberi, tomat, jeruk, kecambah ke dalam piring Anda.

Berolahraga

Meski sering hujan, kegiatan olahraga tetap wjaib dilakukan. Ini semata-mata adalah salah satu cara menangkal flu saat musim hujan. Dengan Anda rajin bergerak, ini akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.

Hindari Stress dan Over Thinking

Orang yang stress dan sering over thinking, cenderung lebih mudah sakit. Hal ini disebabkan karena stres dan berpikir dengan berlebihan menghambat kesehatan dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif.

Maka dari itu, mulai banyak berpikir positif dan banyak belajar untuk menenangkan diri untuk kesehatan jiwa dan badan Anda.

Jika Anda sudah telanjur merasakan gejala flu seperti badan demam, kepala pusing, pilek, hingga turunnya napsu makan, jangan tunda untuk periksa ke dokter untuk mendapat penanganan medis. Anda juga bisa mengonsumsi madu sebagai obat tradisional batuk dan pilek. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...