Panen Bawal Putih di Pangandaran, Nelayan Raup Untung Jutaan rupiah

panen bawal putih
Suasana di TPI Minasari, CIkidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Sejumlah nelayan kini tengah panen bawal putih di Pangandaran, Jawa Barat.

Ikan bawal putih ini merupakan jenis ikan bernilai ekonomi tinggi. Harganya pun cukup mahal. Maka tak herang banyak nelayan yang meraup untung jutaan dari hasil tangkapannya tersebut.

Ujang Kekey, salah seorang pegawai lelang di TPI Minasari  Pangandaran mengatakan, saat ini nelayan yang mencari ikan di laut sedang panen ikan bawal putih.

“Ya Ikan bawal putih berbagai ukuran saat ini sedang musim, namun terkait harga ikan tersebut tergantung ukurannya,” ujarnya saat diminta keterangan HR Online, Selasa (5/11/2019) malam.

Harganya sendiri, Ujang Kekey menyebutkan, ikan bawal putih  ukuran kecil seberat 1 Ons harganya Rp 60 ribu per ekor. Sementara untuk ikan bawal putih ukuran 1 kilogram harganya Rp 270 ribu per ekor.

“Saat ini para nelayan Pangandaran bisa meraup keuntungan sampai jutaan rupiah dari hasil tangkapannya,” kata Ujang Kekey.

Kata dia, ikan bawal putih di Pangandaran yang masuk ke TPI Minasari mulai pagi sampai malam,  mencapai 6 sampai 7 ton.

“Ikan ikan segar tersebut selanjutnya akan dikirim ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya,” jelasnya.  

Sementara itu, dari pantauan HR Online di TPI Minasari, para nelayan Pangandaran  yang berperahu 1 GT, mampu memuat dua gentong plastik yang penuh berisi ikan bawal putih.

Ngadimin, salah seorang nelayan yang ditemui HR Online, mengatakan ikan bawal hasil tangkapannya umumnya berukuran kecil.

“Kami sangat bersyukur, ya alhamdulillah kebanyakan bisa menangkap ikan bawal putih berukuran kecil, namun cukup banyak,” ucap Ngadimin yang sedang menjual ikannya di TPI Minasari Cikidang Pangandaran.

Menurutnya bukan hanya dirinya saja yang bisa panen bawal putih di Pangandaran dengan tangkapan cukup banyak, namun nelayan lain pun dipastikan juga mampu menangkap ikan bawal putih dari lautan.

“Bahkan mungkin bisa lebih banyak dari saya, mengingat memang saat ini lagi musim panen ikan bawal putih,” kata Ngadimin. (Entang/R7/HR-Online) 

Loading...