PASI Ciamis Targetkan 10 Medali Emas Cabang Atletik di Porda Jabar

medali emas
Pelantikan pengurus PASI Kabupaten Ciamis di Aula KONI Kabupaten Ciamis, Kamis (07/10/2019). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menargetkan 10 medali emas cabang atletik pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar mendatang.

Target ini setelah pengurus PASI Kabupaten Ciamis yang dipimpin oleh Aep Saefulloh dilantik oleh pengurus KONI di Aula KONI Kabupaten Ciamis, Kamis (07/10/2019).

Ketua Pengcab PASI Ciamis Aef Saefulloh, mengungkapkan, untuk mewujudkan target 10 medali emas pada Porda Jabar mendatang tentunya bukan perkara mudah. Pihaknya, kata dia, harus bekerja keras dan berani berkorban untuk mewujudkan target tersebut.

“Namun peluang untuk mewujudkan 10 medali emas sangat terbuka lebar. Ciamis yang memiliki sarana lapang atletik merupakan salah satu keuntungan dalam mencetak atlet handal dan bisa berprestasi di berbagai tingkatan kejuaraan,” ujarnya.

Aep pun mengaku pihaknya sudah menyiapkan program dalam upaya mencetak atlet handal. Diantaranya mengelar pelatihan dan pembinaan atlet secara berkesinambungan, pelatihan pelatih atletik dasar dan menggelar event atletik dengan peserta perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Event kejuaraan atletik Bupati Ciamis Cup akan digelar pada bulan Februari 2020 mendatang. Diharapkan melalui pencarian bakat yang menjaring dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis ini bisa melahirkan bibit atlet baru yang bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Aep juga mengatakan dalam struktur kepengurusan PASI yang baru diisi oleh orang-orang dari berbagai latarbelakang. Ada dari unsur pengusaha, tokoh, birokrat, akademisi dan organisasi guru olahraga.

“Sengaja kami merekrut pengurus dari berbagai latarbelakang. Artinya, kami ingin mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama memajukan olahraga di Ciamis. Karena untuk mewujudkan sebuah prestasi perlu dukungan semua pihak,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mengatakan, cabang olahraga atletik memang harus mendapat perhatian khusus, terutama dalam target prestasi. Karena dari cabang olahraga ini terdapat 46 medali yang diperebutkan pada setiap ajang Porda.

“Terlebih Ciamis memiliki sarana lapang atletik yang memadai dan bisa digunakan untuk mencetak atlet-atlet handal. Di Jawa Barat tidak semua kabupaten/kota memiliki lapangan atletik. Jadi ini sebuah keuntungan bagi Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Untuk menorehkan prestasi di ajang Porda melalui cabang atletik, lanjut Herdiat, masih memiliki waktu 2 tahun dalam mempersiapkan atlet yang bisa diandalkan merebut medali emas.

“Waktu 2 tahun ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk menata diri serta mempersiapkan dengan terus melakukan latihan serius dan dilatih oleh pelatih yang professional. Insya Alloh target medali emas di ajang Porda mendatang akan tercapai,” ungkapnya.

Herdiat pun mengatakan sejarah kelam pada Porda Jabar sebelumnya yang menempatkan Kabupaten Ciamis berada di urutan terakhir pada perebutan medali jangan sampai terulang kembali. (Fahmi2/R2/HR-Online)

Loading...