Pemkab Pangandaran Peringati Hari Pahlawan 2019 di Alun-alun Parigi

Hari Pahlawan 2019
H Adang Hadari, Wakil Bupati Ciamis saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun Parigi, Minggu (10/11/2019). Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Peringatan Hari Pahlawan 2019 yang jatuh pada tanggal 10 November, Pemerintah daerah Kabupaten Pangandaran melaksanakan upacara di Alun-alun Parigi. Upacara kali ini dipimpin Wakil Bupati, H Adang Hadari yang bertindak sebagai Insepktur upacara, Minggu (10/11/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari menyampaikan kemerdekaan yang diraih bangsa ini tidaklah mudah, melainkan lewat perjuangan dan pengorbanan.

“Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” ujarnya.

Adang berharap pada peringatan Hari Pahlawan 2019, bangsa Indonesia bisa lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Dia juga mengutip ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Sukarno yang menyatakan, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

“Melalui Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini,” tambahnya.

Tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 sendiri adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”. Pahlawan Masa Kini artinya siapapun yang menjadi Warga Negara Indonesia bisa jadi pahlawan.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, seperti dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI,” ungkap Adang.

Lebih lanjut Wakil Bupati Pangandaran menegaskan, peringatan Hari Pahlawan 2019 bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” tegasnya. (Enceng/R7/HR-Online)

Loading...
Loading...