Pendaftaran CPNS 2019 Online Dibuka 11-11-2019 Pukul 11.11 Malam, Sudah Siap?

pendaftaran cpns 2019 online
Pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka mulai 11-11-2019 pukul 11.11 malam. Foto: Twitter BKN.

Pendaftaran CPNS 2019 online akhirnya bakal dibuka malam ini, Senin (11//11/2019), pukul 23.11 WIB. Saat ini link pendaftaran CPNS 2019 melalui portal SSCASN BKN GO ID hanya menampilkan bagian muka dan menunjukkan gambar mundur jam dibukanya pendaftaran CPNS pada tahun ini.

Sebelumnya Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) telah mengumumkan pendaftaran CPNS 2019 pada akhir Oktober lalu.

Rilis BKN menyebutkan pemerintah membuka lowongan CPNS 2019 sebanyak 152.286 formasi. Dari jumlah tersebut sebanyak 114.861 untuk 462 instansi Pemerintah Daerah. Sisanya sebanyak 37.425 merupakan formasi CPNS 2019 untuk 68 Kementerian/Lembaga.

Muhammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN menyebutkan ada dua jenis formasi yang disediakan pada pendaftaran CPNS 2019 online, yakni formasi umum dan ada juga formasi khusus.

Formasi khusus disediakan untuk para pelamar dengan predikat lulusan cumlaude (dengan pujian), diaspora, penyandang disabilitas, juga termasuk putra-putri dari Papua dan Papua Barah. Selain itu termasuk dalam formasi khusus yakni, formasi yang sifatnya strategis di pusat.

Terkait formasi jabatan, Ridwan menyebutkan, kebutuhan CPNS 2019 meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dosen, pegawai teknis fungsional serta teknis lainnya.

Kebutuhan guru sebanyak 63.324 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 31.765 formasi, teknis fungsional sebanyak 23.660 formasi.

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2019 online, sudahkan Anda menyiapkan dokumen yang jadi persyaratan CPNS tahun ini?

Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Pendaftaran CPNS 2019 Online

Bagi pelamar yang ingin mendaftar CPNS 2019, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebelumnya, yakni:

  1. KTP atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil yang telah discan,
  2. Pas Fotoukuran 4×6 dengan latar merah dalam format jpeg,
  3. Surat lamaran dengan ditulis tangan memakai tinta hitam, surat lamaran ditujukan kepada pimpinan instansi dimana Anda akan melamar.
  4. Swafoto atau foto selfie sambil menunjukkan KTP atau Suket dan kartu informasi akun SSCASN. Swafoto ini nantinya diunggah atau diupload saat pendaftaran CPNS 2019 online.
  5. Ijazah asli dan Transkrip Nilai yang telah discan.
  6. Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang telah discan.
  7. Dokumen pendukung lainnya yang diminta sebagai syarat pendaftaran CPNS 2019 online sesuai dengan instansi yang Anda pilih.  

Pastikan semua syarat tersebut sudah Anda siapkan sebelumnya, sehingga ketika pendaftaran online dibuka mala mini tepat pukul 11.11 malam, Anda hanya tinggal daftar saja.

Cara Pendaftaran CPNS 2019 Online

Pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online di situs SSCASN BKN GO ID. Pendaftar hanya bisa menggunakan komputer atau laptop dan tidak bisa mendaftar lewat smartphone.

Agar tak bingung berikut cara daftar CPNS 2019 online:

Untuk  pendaftaran CPNS 2019 online di instansi mana saja, terlebih dahulu Anda perlu membuat Akun di portal SSCASN BKN GO ID dengan menggunakan NIK atau Nomor KK.

Selanjutnya unggah pas foto yang sudah Anda siapkan sebelumnya.  Lalu cetaklah Kartu Informasi Akun SSCASN Anda.

Usai mencetak kartu, Anda tinggal log in di portal SSCASN BKN GO ID dengan NIK dan password saat Anda mendaftar sebelumnya.

Lalu unggah Swafoto atau foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun yang sudah Anda cetak sebelumnya.

Selanjutnya, isilah biodata dengan betul. Lalu pilih formasi dan jabatan sesuai kualifikasi pendidikan. Ingat, Anda hanya bisa mendaftar untuk 1 formasi dan 1 jabatan saja.

Alur pendaftaran CPNS 2019 online selanjutnya adalah, unggah Dokumen yang diminta sebagai syarat mendaftar di instansi yang Anda pilih. Misalnya Anda memilih mendaftar di Kejaksaan formasi pengemudi penjaga tahanan yang disyaratkan harus memiliki SIM C, maka Anda perlu mengunggah scan SIM C tersebut.

Pastikan dokumen pendukung disatukan dalam format PDF dan harus jelas. Ingat jangan sampai dokumen terlihat buram, apalagi rusak. Jika dokumen yang Anda unggah salah, dipastikan Anda tidak akan lulus seleksi administrasi.

Simpan data dan jangan lupa cek juga form resume untuk memastikan data terisi lengkap dan benar. Selanjutnya Anda tinggal mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019.

Bagaimana sudah siap melakukan pendaftaran CPNS 2019 online malam ini? Semoga beruntung ya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...