Penemuan Unik di Dunia Ini Masih Jadi Misteri, Sulit Dijelaskan Ilmuwan

Penemuan Unik di Dunia
Gapura Matahari di Tiwanaku, Bolivia. Foto: Istimewa

Penemuan unik di dunia sangatlah beragam. Mulai dari temuan dalam bidang sains hingga histori. Temuan ini bisa digunakan untuk mengungkap misteri yang terjadi pada masa lampau.

Dalam menguak misteri tersebut, para arkeolog memanfaatkan teknologi baru dengan kecanggihan mutakhir. Hanya saja, nyatanya ada beberapa penemuan yang hingga kini belum bisa dijelaskan ilmuwan.

Penemuan Unik di Dunia yang Berwujud Batu

Temuan unik yang sulit dijelaskan oleh ilmuwan ada yang berupa batu. Untuk mengetahui apa saja penemuan tersebut, anda bisa simak ulasan berikut.

Batu Disquis Bundar

Salah satu penemuan berwujud batu yang masih menjadi misteri hingga kini yaitu Batu Disquis Bundar. Batu ini ditemukan sejak tahun 1930-an di Delta Diquis, Kosta Rika.

Batu Disquis Bundar terdiri dari lebih 300 bola batu dengan lebar hanya beberapa cm. Selain itu, Batu Disquis Bundar ini juga memiliki bobot lebih dari 16 ton.

Batu Disquis Bundar di Delta Diquis, Kosta Rika. Foto: Ist/wikipedia

Terkait penemuan unik di dunia tersebut, para ilmuwan sepakat jika artefak ini dibuat oleh tangan manusia yang hidup antara 700 C dan 1530 C. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Atlas Obscura.

Apabila memperhatikan tampilannya pun, artefak ini kemungkinan diukir dari batuan besar ke dalam bentuk bulat sempurna. Dalam merancangnya, artefak dibuat dengan menerapkan metode mematuk dan menggiling kuno.

Hanya saja, para ilmuwan maupun arkeolog masih dibuat penasaran terkait bagaimana atau mengapa mereka dibuat di tempat pertama.

Stonehenge

Selain Batu Disquis Bundar, ilmuwan juga dibuat bingung dengan penemuan Stonehenge yang kini menjadi situs bersejarah di Wiltshire, Inggris.

Stonehenge sendiri membentuk cincin batu dengan berat masing-masing 25 ton. Papan batu ini memiliki ketinggian sekitar sekitar 13 kaki.

Mengenai pembuatannya, para ilmuwan memperkirakan jika penemuan unik di dunia ini mulai didirikan sekitar 3100 SM oleh orang-orang yang berasal dari periode Neolitikum akhir.

Stonehenge situs bersejarah di Wiltshire, Inggris. Foto: Istimewa

Hal yang menjadi misteri dan mengundang keheranan sampai sekarang yaitu bagaimana cara mereka memindahkan papan batu tersebut.

Bukan hanya karena bobot dan ukurannya yang luar biasa, akan tetapi juga jarak yang ditempuh. Diketahui bahwa pemindahan dilakukan dengan menempuh jarak lebih dari ratusan mil.

Semakin tidak masuk akal karena pembuatan papan batu Stonehenge telah dilakukan sebelum adanya penemuan roda. Sulit untuk dibayangkan bagaimana Stonehenge bisa tercipta.

Penemuan Unik di Dunia yang Misterius Lainnya

Selain penemuan berwujud batu, masih ada beberapa temuan lainnya yang hingga kini masih menjadi misteri. Berikut beberapa penemuan yang menghebohkan dunia tersebut.

Kompleks Kuil Saksaywaman

Kompleks Kuil Saksaywaman yang ditemukan di Peru ini menyimpan keunikan karena dibuat tanpa menggunakan semen sedikitpun.

Setiap blok kompleks kuil purba tersebut memiliki permukaan yang lembut. Dimana bagian ujungnya tampak melingkar. Hingga kini masih dipertanyakan bagaimana kuil ini dibangun dulunya.

Kompleks Kuil Saksaywaman di Peru. Foto: Istimewa

Keunikan yang dimilikinya mampu mengundang banyak orang untuk melihatnya secara langsung dari dekat. Tak hanya orang lokal saja, akan tetapi juga wisatawan mancanegara.

Gapura Matahari

Penemuan unik di dunia dengan bentuk bangunan juga terlihat di Tiwanaku, Bolivia. Menurut sejumlah arkeolog, temuan yang misterius ini adalah pusat kekaisaran besar sebelum masehi.

Penemuan Unik di Dunia
Gapura Matahari di Tiwanaku, Bolivia. Foto: Istimewa

Namun arkeolog tak bisa menjelaskan kekaisaran apa dan bagaimana bisa tercipta. Selain itu, arkeolog juga dibuat bingung dalam mengungkap arti dan makna pahatan yang ada di Gapura Matahari tersebut.

Walau demikian, ada beberapa arkeolog yang mengatakan bahwa kemungkinan pahatan tersebut menyimpan sisi astrologi atau astronomi.

The Hobbit Flores

Tahukah anda bahwa Indonesia ternyata juga memiliki temuan unik yang menjadi sorotan dunia. Penemuan unik di dunia ini juga belum menemukan titik terang sampai sekarang.

Adapun penemuan yang dimaksud yaitu The Hobbit Flores. Temuan ini berupa tulang belulang yang mulanya diduga milik lelaki Flores dengan usia 18.000 tahun.

Namun setelah diteliti lebih lanjut, tulang belulang tersebut ternyata milik wanita. Penemuan ini sendiri terdapat di Pulau Flores Indonesia sejak 2003.

The Hobbit Flores di Pulau Flores Indonesia. Foto: Istimewa

Saat tulang belulang ditemukan, para peneliti mengamati bagian tengkoraknya. Diketahui bahwa ukurannya kurang dari sepertiga ukuran tengkorak manusia pada umumnya.

Untuk mendapatkan kepastian, penelitian masih dilanjutkan hingga pada akhirnya disebutkan bahwa tulang belulang tersebut diperkirakan milik Homo Floresiensis.

Walau demikian, ada banyak pihak yang masih merasa janggal dengan penemuan unik di dunia tersebut. Banyak yang mempertanyakan bagaimana otak dengan ukuran tersebut bisa menciptakan alat canggih yang juga ditemukan di sekitarnya. (R10/HR-Online)

Loading...