Pengendara Sumringah, Jalan Raya Kawali-Sadananya Ciamis Dilengkapi Marka

Jalan Raya Kawali Sadananya
Jalan raya Kawali-Sadananya, Kabupaten Ciamis sudah dilengkapi marka jalan. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Para pengendara kendaraan bermotor sumringah, pasalnya rampung dihotmix, akses jalan raya Kawali-Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dilengkapi marka jalan.

Endang (45), pengendara mobil asal Kecamatan Sadananya, mengatakan, dengan dilengkapi marka jalan, setidaknya para pengendara motor maupun mobil bisa memahami jalur yang akan dilewatinya.

“Para pengendara pastinya kan jadi tahu batas lajur kiri kanan, sehingga arus lalu lintas dapat berjalan dengan baik. Marka jalan merupakan rambu penting bagi setiap pengendara bermotor,” ujar Endang, Sabtu (30/11/2019).

Sementara itu, Wawan, pengendara motor asal Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengatakan, meski para pengendara masih banyak yang tidak tahu fungsi dari marka jalan, setidaknya dengan adanya marka di Jalan Raya Kawali-Sadananya ini, para pengendara bisa berjalan di bagian lajur jalan yang benar.

“Kalau sebelumnya, ketika belum ada marka jalan, masih ada dan sering terlihat terlihat para pengendara mendahului kendaraan lain seenaknya, padahal daerahnya dikenal daerah berbahaya,” kata Wawan.

Menurutnya, marka jalan bukan hanya sebagai pembatas lajur kiri dan kanan, akan tetapi sebagai petunjuk kepada pengendara ketika misalnya ingin mendahului.

“Marka jalan itu kan tanda yang ada di permukaan jalan dengan tanda garis putus putus. Ada juga Marka Sambung yang menunjukkan jalan yang berbahaya agar tidak mendahului kendaraan lain atau melewati garis marka tersebut,” terang Wawan.

Wawan, menambahkan, sebagai pengendara dirinya merasa aman ketika jalan yang dilewatinya sudah dilengkapi marka jalan.

“Ya rasanya aman kalau sudah ada marka jalan. Sebab, arus lalulintas juga dapat berjalan dengan baik. Tidak akan ada lagi pengendara motor maupun mobil yang seenaknya mendahului atau mencuri lajur jalan bagian kendaraan lain,” pungkas Wawan. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...