Penghargaan SMS Cinta Sekolah Diberikan kepada 12 SD/SMP di Kota Banjar

Anugrah SMS Cinta
Pemberian penghargaan kepada sekolah pemenang lomba Anugerah SMS Cinta Kota Banjar, Senin (4/11/2019). Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 12 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Banjar, Jawa Barat, mendapatkan penghargaan Anugrah SMS Cinta Sekolah 2019 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar di halaman Kampus SMPN 7 Banjar, Senin (4/11/19).

Anugrah SMS Cinta Sekolah tersebut merupakan program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar. SMS Cinta Sekolah ini berarti Sembilan Menit Siswa Cinta Sekolah.

Artinya, 3 menit di pagi hari sebelum belajar, 3 menit saat istirahat, dan 3 menit sebelum pulang sekolah, siswa dibuat nyaman di sekolahnya sehingga timbul rasa cinta pada sekolah tempat dia belajar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Ahmad Yani mengatakan, dari total 86 Sekolah Dasar (SD) dan 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Banjar baru 21 sekolah yang mengikuti perlombaan program SMS Cinta dengan rincian 10 SD dan 11 SMP.

“Untuk Tahun depan seluruh sekolah baik SD maupun SMP di Kota Banjar harus mengikuti program SMS Cinta Sekolah dan itu harus terwujud,” Kata Ahmad Yani.

Pemenang Anugrah SMS Cinta Sekolah, kata Ahmad Yani, ada 12 sekolah penerima penghargaan baik untuk kategori madya maupun utama.

Untuk kategori madya tingkat SD juara pertama diraih SDN 1 Karyamukti, juara dua SDN 2 Sukamukti dan juara tiga SDN 2 Bojongkantong.

Sedangkan untuk jenjang SD kategori utama juara pertama diraih SDN 2 Banjar, juara dua SDN 3 Balokang dan juara 3 SDN 1 Jajawar.

Kategori madya untuk jenjang SMP, juara pertama diraih SMPN 9 Banjar, juara dua SMPIT Uswatun Hashanah dan juara ketiga SMPN 10 Banjar.

Sementara untuk juara kesatu kategori utama diraih oleh SMPN 6 Banjar, juara dua SMPN 5 Banjar dan juara ketiga SMPN 1 Banjar.

“Jadi, semua ada 12 juara dari dua kategori yang dilombakan dan diikuti oleh dua jenjang satuan pendidikan,” jelas Yani.

Tujuan program SMS Cinta Sekolah tersebut kata Yani, untuk mananamkan rasa cinta kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah. Menurutnya hal itu sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran anak didik.

Di tempat yang sama Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih memberikan apresiasi terhadap program SMS Cinta Sekolah.

Walikota berharap melalui program tersebut dapat membentuk karakter peserta anak didik, serta dapat menanamkan anak cinta kesehatan dan peduli akan kebersihan lingkungan.

“Yang terpenting dari program ini menanamkan dan mewujudkan pendidikan karakter bagi anak didik,” pungkasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Loading...