Penting! Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara melihat spesifikasi laptop

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Cara melihat spesifikasi laptop. Ini tips bagi Anda yang belum mengerti bagaimana melihat spesifikasi laptop atau bagi Anda yang lupa caranya.

Melihat spesifikasi laptop sangat penting, tentunya pada saat Anda membeli laptop. Ini agar anda tidak kecewa ketika sudah membelinya. Kaerena teryata tidak sesuai pada spesifikasi yang Anda harapkan.

Sebenarnya caranya tidaklah terlalu sulit alias mudah. Berikut ini cara melihat spesifikasi laptop;

Menggunakan Informasi Sistem

Cara melihat spesifikasi laptop yang pertama adalah menggunakan informasi sistem. Caranya dengan membuka menu start, ketik msinfo32 atau informasi sistem, tekan tombol enter.

Perangkat keras apapun yang ada di komputer kemungkinan besar dapat dilihat dari sistem informasi ini. Di dalam sistem informasi, terdapat berbagai macam data yang terkait spesifikasi laptop.

Di dalam informasi sistem, Anda akan diperlihatkan ringkasan informasi meliputi model sistem, jenis sistem, prosesor informasi BIOS dan tanggal persetujuan firmware terakhir, hingga ukuran memori yang ada di laptop.

Namun kelemahannya, informasi kartu grafis tidak ada di sini. Namun bila ingin melihat informasi tersebut, Anda dapat melakukan pengembangan pada komponen, lalu klik view.

Cara Tambahan Melihat Spesifikasi Secara Lengkap

Salah satu fitur yang menarik dalam sistem informasi, Anda dapat melihat fitur informasi spesifikasi secara lengkap.

Caranya yaitu dengan membuka informasi sistem, kemudian pilih informasi apa yang akan Anda pilih. Misalnya seperti ringkasan sistem.

Jika membutuhkan keterangan kartu grafis saja, terdapat pada bagian display, mengeklik file, kemudian ekspor, jelajahi lokasi untuk menyimpan file, beri nama dan klik simpan.

Menggunakan Command Prompt

Anda dapat menggunakan systeminfo.exe. Untuk mengetahui cara melihat spesifikasi laptop yang merupakan permintaan CMD.

Terkadang, akan memberitahu kapan saja OS dipasang di laptop. Untuk langkahnya ialah dengan membuka Command Prompt di kotak pecarian. Klik kanan, jalankan administrator, ketik perintah systeminfo, setelah itu Anda akan mendapatkan detail informasi.

Menggunakan Software Speccy

Langkah lainnya menggunakan software speccy. Software ini bisa didapatkan melalui berikut mengunduhnya terlebih dahulu. Kemudian menginstalnya pada laptop.

Setelah instalasi berhasil, Anda dapat membuka dan melihat spesifikai informasi CPU laptop Anda. Selain itu, juga dapat melihat ringkasan tab, yang akan memperlihatkan secara terperinci spesifikasi laptop Anda, mulai dari RAM dan lainnya.

Menggunakan Perangkat Lunak CPU-Z

Selain menggunakan fitur bawaan, Anda juga dapat mengetahui spesifikasi melalui perangkat lunak seperti CPU-Z. Perangkat ini menyediakan spesifikasi cukup lengkap dan mudah.

Sebelumnya, Anda dapat mendonwload CPU-Z di CPUID. Setelah terpasang, Anda dapat melihat sperifikasinya.

Misalnyaseperti informasi prosesor pada kolom CPU, jika mainboard di CPU-Z, melihat memori di kolom dan RAM di tab SPD.

Menggunakan Perangkat Lunak Dxdiag

Cara mengguakan perangkat lunak Dxdiag juga cukup menarik dan mudah. Berikut langkah-langkah untuk menunjukkan spesifikasi laptop Anda.

Buka run dengan mengaktifkan tombol windows + R pada keyboard. Kemudian ketikkan kata DXdiag, selanjutnya akan muncul kotak pop up dan tab-tab.

Demikianlah bagaimana cara melihat spesifikasi laptop yang dapat Anda gunakan, semoga bermanfaat. (Deni/R4/HR-Online)