Penutupan Pendaftaran CPNS 2019 Tak Serentak, Instansi Ini Buka Sampai 30 November

penutupan pendaftaran cpns 2019
Ilustrasi penutupan pendaftaran CPNS 2019. Foto: Ist/Net

Penutupan pendaftaran CPNS 2019 tak dilakukan secara serentak oleh Kementerian/Lembaga juga instansi daerah. Di laman situs BKN, tercatat beberapa Kementerian/Lembaga masih membuka pendaftaran sampai 30 November 2019.

Meskipun demikian, beberapa instansi sudah lebih dulu menutup pendaftaran. Seperti Kementerian Pertahanan yang tercatat sebagai instansi paling cepat menutup pendaftaran.

Ada beberapa formasi di Kementerian/Lembaga yang masih nihil pelamar. Hal ini, jadi salah satu alasan kenapa penutupan pendaftaran CPNS 2019 tak dilakukan serentak.

Sejumlah instansi pun akhirnya memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran CPNS 2019 online sampai 30 November mendatang.

Badan Kepegawaian Negara (BKN), Basarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT, serta Badan Tenaga Nuklir Nasional, merupakan instansi yang menutup pendaftaran CPNS 2019 pada 20 November.

Nihil Pelamar, Penutupan Pendaftaran CPNS 2019 di Instansi Ini Diperpanjang

BKN mencatat sampai Rabu, 27 November 2019, setidaknya sudah 4.994.056 pendaftar yang membuat akun di link pendaftaran CPNS 2019, SSCASN BKN GO ID.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.276.876 sudah mengisi formulir. Namun akun yang sudah melakukan submit atau menyelesaikan proses pendaftaran CPNS 2019 tercatat sebanyak 3.872.116 akun.

Catatan BKN menunjukkan sudah ada 3 juta lebih pelamar yang akan bertarung dalam seleksi CPNS 2019. Namun, ternyata masih ada yang nihil pelamar.

Hal itu mendorong beberapa instansi untuk melakukan penutupan pendaftaran CPNS 2019 tak serentak. Padahal sebelumnya, penutupan pendaftaran CPNS online ini dijadwalkan pada 24 November 2019 lalu.

Formasi CPNS 2019 yang masih nihil pelamar itu diantaranya ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Kedua instansi ini tercatat sebagai instansi mayoritas yang formasinya nihil pelamar. Selain kedua instansi ini, ada juga formasi CPNS 2019 di Basarnas yang masih nihil pelamar.

Sebagai catatan, ada formasi yang masih nihil pelamar yang dibuka bagi lulusan SMA/SMK sederajat. Hanya saja ada syarat tambahan, yakni harus memiliki sertifikat pelaut.

Baik Kemenag maupun Basarnas akan melakukan penutupan pendaftaran CPNS 2019 pada 30 November. Sementara untuk Kemenhub membuka pendaftaran CPNS 2019 hanya sampai 29 November saja.

Formasi Nihil Pelamar Berdasarkan Catatan BKN

BKN mencatat 10 formasi di Kemenhub, Kemenag dan Basarnas masih nihil pelamar. Anda punya peluang lolos lebih besar jika memilih formasi ini. Berikut daftarnya:

Penutupan Pendaftaran CPNS 2019 Kemenhub 29 November, Beberapa Formasi Nihil Pelamar

1. Pengelola Pemeliharaan Laboratorium

Kemenhub membuka Formasi Pengelola Pemeliharaan Laboratorium. Pelamar disyaratkan memiliki kualifikasi pendidikan D-III Teknik Listrik Bandar Udara atau D-III Teknik Navigasi Udara.

2. Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api

Kemenhub juga membuka formasi Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api, khusus untuk mereka dengan kualifikasi pendidikan D-III Perkeretaapian. Bagi Anda yang memiliki kualifikasi pendidikan tersebut segeralah mendaftar sebelum penutupan pendaftaran CPNS 2019.

3. Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian

Lagi formasi di Kemenhub yang masih nihil pelamar, yakni formasi Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian. Syaratnya untuk lulusan D-III Pekeretaapian. 

4. Penelaah Manajemen Lantas (Traffic Management Specialist)

Kemenhub juga membuka Formasi Penelaah Manajemen Lantas (Traffic Management Specialist). Hanya saja formasi ini dibuka hanya untuk cumlaude atau lulusan terbaik.

Formasi ini dibuka untuk lulusan S1-Akuntasi, S1-Ilmu Ekonomi, S1 Manajemen, dan S1 Teknik Sipil Bidang Manajemen Konstruksi.

Keempat formasi yang dibuka Kemenhub ini, penutupan pendaftaran CPNS 2019 dilakukan pada 29 November 2019. Jadi masih ada kesempatan untuk Anda mendaftar.

Formasi CPNS Kemenag 2019 Nihil Pelamar

1. Asisten Ahli – Dosen Aplikasi Komputer Perbankan

Formasi ini dibuka di Kemenag untuk mereka yang memiliki ijazah S2 Ekonomi, S2 Ekonomi Islam, S2 Ekonomi Syariah, dan S-2 Perbankan Syariah.

2. Asisten Ahli – Dosen Arkeologi

Syarat untuk mendaftar salah satu formasi di Kemenag ini adalah pendidikannya harus S2 bidang Arkeologi. Empat formasi disediakan untuk posisi asisten ahli dosen Arkeologi ini. Keempat pelamar yang terpilih akan ditempatkan di lokasi yang berbeda.

3. Asisten Ahli – Dosen Arudl Wal Qawafi

Kementerian Agama membuka formasi ini untuk mereka yang memiliki ijazah S2 di bidang Bahasa dan Sastra Arab.

4. Asisten Ahli – Dosen Asas-Asas Kebudayaan Islam

Masih formasi yang dibuka di Kementerian Agama, lowongan ini untuk mereka lulusan S2 Sejarah Peradaban Islam.

5. Asisten Ahli -Dosen Audit Perbankan Syariah

Salah satu formasi yang dibuka di Kemenag ini juga masih nihil pelamar. Formasi ini disediakan bagi pemegang ijazah S2 Akuntansi Islam, S2 Akuntansi Perbankan, dan S2 Akuntansi Syariah.

Itulah formasi CPNS 2019 di Kemenag yang masih nihil pelamar dan penutupan pendaftaran CPNS 2019 pada 30 November.

Formasi CPNS Basarnas 2019 Nihil Pelamar

Formasi yang nihil pelamar di Basarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan adalah formasi Masinis Iii Kapal Kelas I.

Anda yang memiliki kualifikasi pendidikan SMA/SMK sederajat bisa memilih formasi ini. Hanya saja ada persyaratan tambahan, yakni harus memiliki sertifikat pelaut ATT-V.

Nah, sekali lagi diingat, formasi yang masih nihil pelamar itu, penutupan pendaftaran CPNS 2019 adalah pada 30 November 2019. Hanya Kemenhub saja yang sampai 29 November. Informasi lengkapnya bisa Anda lihat di situs resmi masing-masing instansi atau di situs BKN GO ID. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...