Penyebab Jantung Berdebar Tak Selalu Soal Penyakit

penyebab jantung berdebar
Ilustrasi jantung. Foto: Istimewa

Sadarkah anda jika penyebab jantung berdebar tak selalu berhubungan dengan masalah penyakit atau gangguan pada organ vital. Karena itu saat jantung berdegup sebaiknya pastikan dahulu penyebabnya. Anda jangan dulu memvonis atau melakukan langkah pengobatan sebelum tahu penyebabnya.

Salah satu contohnya adalah saat anda sedang jatuh cinta tentunya akan membuat jantung berdegup kencang. Bahkan saat anda tak sengaja naik kendaraan yang melewati rumah doi tiba-tiba saja jantung serasa copot. Penyebab jantung berdebar itu tentunya karena ada sebuah perasaan.

Yang menarik, jantung dalam bahasa Inggris diistilahkan heart. Kata yang sama juga digunakan untuk menunjuk organ hati. Padahal jantung dan hati tentunya merupakan organ tubuh yang fungsinya berlainan.

Karena itulah, saat jantung anda berdebar dengan kencang secara tiba-tiba, sebaiknya tidak langsung berburuk sangka atau merasa memiliki penyakit jantung. Lebih baik ketahui dulu penyebab jantung berdebar, salah satunya dengan mengkonsultasikannya dengan dokter.

Dalam keadaan normal, jantung umumnya berdenyut sekitar 70 kali per menit. Jumlah denyutan ini masih dianggap normal turun hingga 60 atau malah naik sampai hingga 100 kali denyutan permenit.

Ada banyak faktor penyebab jantung berdebar yang mengakibatkan jumlah denyutan jantung turun atau naik. Seperti sedang gembira, saat gugup, sedang berolahraga, saat stres, hingga memang karena adanya gangguan jantung.

Aneka Penyebab Jantung Berdebar yang Sebaiknya Diketahui

Dalam menjalankan fungsinya, jantung akan selalu berdebar dengan denyutan yang konstan. Namun jika denyutan ini berubah secara tiba-tiba atau mendadak, apalagi sering berulang, sebaiknya memang perlu diwaspadai.

Ada banyak hal yang dapat membuat jantung berdegup lebih kencang yang sebaiknya dikenali. Nah, Berikut ini sejumlah penyebab jantung berdebar yang ada baiknya dikenali dan diketahui.

Radikal Bebas dan Rokok

Bahaya rokok terutama pada kandungan nikotinnya yang akan meningkatkan kerja jantung menjadi lebih berat. Begitu juga dengan asap kendaraan atau pabrik juga dapat mengganggu pembuluh darah.

Bertambah beratnya kerja jantung akan membuat jantung berdebar dengan lebih kencang. Hal ini terutama untuk memompa darah yang terhambat. Adanya penyumbatan inilah yang akan membuat jantung berdebar lebih kencang.

Tekanan Stress

Penyebab jantung berdebar kencang juga bisa saat tubuh mengalami tekanan stres, kecemasan, atau gugup. Kondisi ini memicu penyempitan pada pembuluh darah maupun syaraf otak dan mendorong jantung berdegup untuk memompa darah.

Obesitas

Tubuh yang kelebihan berat badan akibat penumpukan lemak juga dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Kondisi ini akan memicu jantung bekerja lebih berat dengan berdegup kencang agar bisa memompa darah.

Makan Makanan Tidak Sehat

Makanan dan minuman tidak sehat, seperti junk food, alkohol, atau kopi biasanya mengandung zat kimia maupun kolesterol tinggi. Hal ini juga jadi penyebab jantung berdebar kencang agar bisa memompa dan menyalurkan darah.

Karena Serangan Penyakit

Tekanan darah tinggi dan diabetes bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau asteoklorosis. Begitu juga dengan produksi zat purin yang dialami para penderita asam urat akan memicu pembuluh darah meyempit.

Kondisi ini akan mendorong jantung bekerja lebih keras untuk menyalurkan dan memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi yang sama juga akan terjadi saat tubuh terserang penyakit lainnya.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Secara Alami

Mengenali faktor penyebab jantung berdebar merupakan langkah yang bijak agar dapat memperoleh penanganan yang efektif. Karena itu saat organ tubuh ini berdegup sebaiknya jangan langsung panik.

Selain itu ada langkah yang mudah untuk dilakukan saat jantung meningkat denyutnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi jantung berdebar secara alami yang bisa dilakukan.

Manfaat air putih sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Minum air putih yang cukup juga dapat menjaga kesehatan jantung. Sebelum penyebab jantung berdebar belum diketahui, namun anda merasakan hal tersebut, maka untuk meredakannya bisa minum air putih yang agak banyak.

Selain itu anda bisa mengangkat kaki pada posisi yang lebih tinggi dari jantung. Lakukan hal ini sembari dengan menghirup dan mengeluarkan nafas dalam-dalam untuk melancarkan kembali aliran darah tubuh.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan jantung yang berdebar adalah dengan manuver valsalva. Yaitu dengan menutup kedua hidung dan mulut rapat-rapat sambil menahan nafas lalu keluarkan nafas dengan perlahan.

Demikianlah infromasi tentang penyebab jantung berdebar beserta cara mengatasinya yang semoga berguna untuk anda. (R9/HR-Online)

Loading...