Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Pria Mandul, Waspadalah!

penyebab pria mandul
Ilustrasi pria mandul. Foto: Istimewa

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab pria mandul atau tidak subur. Dari faktor pengaruh yang disadari, tidak diketahui, hingga penyebab akibat kebiasaan sehari-hari yang salah. Untuk itu pentingnya menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk kemandulan.

Faktor paling umum dan paling banyak yang membuat kesuburan pria menurun, diantaranya karena kelainan transpor sperma, kelainan pada gonad, kelainan pada kelenjar hipotalamus, faktor genetik dan lainnya.

Kondisi sperma yang tidak normal atau jumlahnya yang kurang bisa menurunkan kesuburan pria. Ciri-ciri pria mandul sebelum menikah juga tidak mudah dikenali dan ini berkaitan dengan faktor lingkungan maupun gaya hidup.

Namun berbagai faktor yang telah diidentifikasi kalangan medis ternyata jumlahnya kalah jauh dengan pengaruh yang belum diketahui. Ada banyak lagi penyebab pria mandul yang masih misteri.

Karenanya saran terbaik untuk pria yang telah menikah dan ingin memiliki momongan adalah agar menjaga kualitas spermanya. Untuk itulah sebaiknya anda memperbaiki kebiasaan sehari-hari yang buruk untuk meningkatkan kesehatan anda.

Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Pria Mandul

Kesulitan pasangan yang baru menikah untuk mendapatkan anak memang ditentukan kesuburan dari keduanya. Namun problem kesuburan pria ternyata menyumbang angka yang tidak kecil pada masalah rumah tangga ini.

Kalangan medis mensinyalir tak sedikit kebiasaan sehari-hari kaum pria yang memicu dan menjadi penyebab pria mandul. Namanya juga kebiasaan tentunya lebih sering tak disadari.

Karena itu kenalilah kebiasaan sehari-hari yang dapat mengurangi kesuburan pria. Ini juga berguna sebagai cara mencegah kemandulan pria sejak dini yang cukup efektif.

Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Instan

Saat ini ada banyak makanan tidak sehat yang ada di sekitar kita. Dari makanan instan, makanan cepat saji, hingga cemilan gorengan. Jika anda sering mengonsumsi makanan semacam itu sebaiknya segera hentikan.

Kenapa? Mengonsumsi kalori yang berlebihan akan menumpuk dan tersimpan dalam tubuh dan menyebabkan obesitas. Kondisi ini akan meningkatkan risiko terhadap ketidaksuburan dan menjadi penyebab pria mandul.

Sebuah penelitian yang dikutip dari Very Well menyebutkan para pria dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih besar menjadi mandul. Obesitas akan membuat jumlah sperma sedikit dan pergerakannya menjadi buruk.

Kebiasaan Merokok

Rokok diketahui mengandung banyak jenis racun yang dapat memicu penyakit, terganggunya keseimbangan hormon, dan juga menurunkan kualitas air mani. Asap rokok juga bisa berdampak terhadap kesuburan istri.

Kebiasaan Begadang

Seperti sejak lama diserukan Rhoma Irama, sering begadang dapat menyebabkan muka pucat karena darah berkurang sehingga penyakit pun akan lebih mudah datang. Sering tidur terlalu larut juga bentuk begadang.

Sebuah riset dari Live Science menyimpulkan bahwa pria yang durasi waktu tidurnya sedikit akan menurunkan jumlah sperma hingga 25 persen. Minimnya jumlah sperma selain mengurangi kesuburan juga mengurangi rasio keberhasilan dalam pembuahan.

Kebiasaan Minum Alkohol

Ada banyak sekali penelitian tentang kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol sebagai penyebab pria mandul. Bahkan alkohol memberikan efek langsung pada sel yang menghasilkan hormon testosteron.

Kadar hormon testosteron yang menurun jumlahnya dalam darah, selain mengurangi kesuburan, juga menyebabkan menurunnya gairah seksual. Parahnya, alkohol juga mengganggu kelenjar pituitari pada otak yang mengatur tentang hormon testosteron.

Cara Mengatasi Kemandulan Pada Pria

Lantas bagaimana cara mengatasi kemandulan pada pria? Ada banyak alternatif solusi yang bisa dipilih untuk mencegah maupun mengatasi penyebab pria mandul.

Namun ada ungkapan bijak yang menyatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itulah sangat disarankan kita untuk mengubah berbagai kebiasaan buruk di atas ketimbang mengobati setelah parah.

Selain berbagai kebiasaan sehari-hari yang telah disebutkan di atas, ada faktor pengaruh lain yang sebenarnya juga ikut berpengaruh terhadap kesuburan pria. Faktor itu berupa tekanan atau stres yang dialami di kantor.

Mengubah dan menjalani gaya hidup sehat merupakan solusi mengatasi penyebab pria mandul. Hak itu sebagai alternatif terbaik dalam mencegah kemandulan pria sejak dini. Ini juga dapat mengembalikan kesehatan dan cara mengatasi kemandulan pada pria. (R9/HR-Online)

Loading...