Pisang Mentah Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya

Pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan berat badan.
Pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan. Photo : Ilustrasi.

Pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika diolah dengan baik sebelum dikonsumsi, baik itu dengan cara direbus, digoreng, atau ditumis. Pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan mineral, vitamin, dan pati resisten yang tergolong cukup baik.

Buah pisang banyak disukai orang, karena selain rasanya yang manis, juga dapat diolah menjadi berbagai jenis sajian. Pisang termasuk buah yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi sehingga dapat dinikmati oleh balita sampai lansia. Namun, buah pisang biasanya dikonsumsi saat kondisinya sudah matang.

Tak hanya yang sudah matang, buah pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan dan menjadi sumber vitamin dengan kandungan pati resistennya yang jauh lebih tinggi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019), berikut ini sejumlah manfaat pisang mentah yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Pisang Mentah

Menurunkan Berat Badan

Rutin mengonsumsi pisang mentah yang sebelumnya telah diolah, baik direbus maupun digoreng, ternyata mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, pisang yang masih mentah mengandung dua jenis pati.

Kedua pati ini tahan serta dan pectin sehingga efeknya dapat menimbulkan rasa kenyang di perut, dan memperlambat rasa lapar atau pengosongan perut.

Meskipun porsi makan kamu sedikit, tapi kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Untuk menurunkan berat badan berlebih, disarankan mengonsumsi pisang mentah secara rutin.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Karena, kandungan pati resisten yang tinggi dalam buah pisang mampu membantu turunkan konsentrasi trigliserida dan kolesterol plasma, yang sama-sama memiliki kontribusi bagi kesehatan jantung.

Tak hanya itu, kandungan kalium dalam buah pisang yang masih mentah juga mampu mambantu menjaga agar tekanan darah di dalam tubuh tetap stabil.

Mengontrol Gula Darah

Hasil sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan pati resisten yang tinggi dalam buah pisang mentah dapat membantu mengontrol tekanan gula darah.

Hal itu dikarenakan pati resisten serta pectin mampu mengendalikan gula darah secara efektif, sesaat setelah kita mengonsumsinya. Sebab, buah pisang mentah memiliki IG (Indeks Glikemik) 30, ini termasuk jumlah yang sangat rendah.

Mencegah dan Mengatasi Diare

Pisang mentah bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mencegah dan mengatasi diare. Hal itu karena adanya kandungan pati dan pectin dalam pisang mentah. Jika dikonsumsi, maka seseorang akan terhindar dari penyakit diare.

Pati dan pectin merupakan senyawa yang nantinya dapat membantu dalam proses pengerasan feses. Termasuk juga untuk melawan bakteri jahat yang menjadi penyebab munculnya penyakit diare.

Menurut sebuah penelitian, akibat anemia dan kekurangan zat besi sangat berpengaruh bagi sebagian besar populasi. Penelitian tersebut juga menunjukkan, pisang matang maupun pisang yang masih mentah mampu membantu dalam proses penyerapan zat besi, serta meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh seseorang.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah pisang mentah juga berfungsi sebagai prebiotik karena memiliki kandungan pati resisten serta pectin di dalamnya. Senyawa prebiotik ini biasanya sering dijadikan makanan oleh bakteri baik yang ada di dalam usus.  

Nantinya bakteri tersebut akan menfermentasi pati resisten dan pectin guna menghasilkan butirat dan asam lemak. Kedua kandungan zat ini yang akan membantu mengatasi berbagai masalah dalam sistem penceraan.

Dengan begitu, maka pisang mentah juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan penceraan. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...