Planet Kesembilan, Ilmuwan Temukan Data Baru

Ilmuwan Temukan Data Baru Tentang Planet Kesembilan

Berita Sains, (harapanrakyat.com),- Ilmuwan temukan data baru planet kesembilan. Menurut ilmuan astronom Amerika, planet kesembilan dalam urutan tata surya tersebut memiliki orbit yang jauh melebihi planet terkecil, yaitu pluto.

Meskipun begitu, planet tersebut diduga memiliki massa 10 kali lebih berat dibanding bumi. Untuk mengetahuinya lebih detail, simak beberapa penjelasan seputar data baru tentang planet kesembilan berikut ini.

Memiliki Pergerakan Aneh

Planet kesembilan yang telah ditemukan oleh para ilmuan ini tercatat bahwa ia melakukan pergerakan.

Sejumlah pergerakan dan objek dalam tatanan sabuk kuiper, khususnya yang berada pada dua objek yang lebih besar, seperti sedna dan 2012 VP113.

Dalam pergerakan, planet ini memunculkan tiga benda langit. Yang pertama yaitu, sedna yang memilki kekuatan magnitudo 20.5-20.8.

Kemudian planet kerdil dengan magnitudo 21.5, dan objek BM518 bermagnitudo 21.6. Ketiga objek tersebut meskipun tidak begitu nampak secara jelas, namun masih tetap dapat dikenali.

Terbentuk Lubang Hitam

Sebagian hasil dari penelitian para ilmuan planet kesembilan yang muncul tersebut bukanalah sebuah planet, melainkan adalah sejenis lubang hitam.

Fenomena aneh dari data orbit pada sabuk kuiper membuat cahaya yang berjalan pada tata surya mengalami pembengkokan.

Hal tersebut disebabkan oleh lubang hitam kuno yang jumlahnya tidak hanya satu, sehingga dapat menambah massa orbit.

Pemodelan dan Observasi

Selanjutnya, data baru tentang planet ini yaitu mengenai pemodelan dan observasi. Planet x ini bergerak jauh dari tata surya yang telah lama diperdebatkan selama kurang lebih seratus tahun.

Namun, menurut para ilmuan, keberadaan planet ini dapat mengancam kelangsungan tata surya. Bahkan juga dapat menghancurkan salah satu bumi ketika matahari telah mati.

Kehancuran salah satu planet tersebut akan menimbulkan pergerakan seperti efek pinball yang dapat merembet ke bagian wilayah luar angkasa lainnya.

Banyak kutipan para ilmuan bahwa matahari akan mati 7 miliar tahun mendatang. Dan baru setelah itu akan memunculkan ledakan dari dalam bintang tersebut.

Adanya Dunia ES

Planet ini memiliki objek orbit kecil dan miring yang dikendalikan oleh planet paling besar yang menyembunyikan diri pada galaksi planet.

Menurut data yang telah diteliti oleh para ilmuan, lintasan objek tersebut sangat aneh. Sebab, bentuk yang dimilkinya sangat elips dan memiliki orbit pada sudut 54 derajat.

Planet kesembilan ini juga memilki objek yang paling dingin dan ekstrim hingga sekarang, yang berada di luar orbit neptunus.

Dan hal yang masih menjadi pertanyaan dan masih membutuhkan penelitian kembali adalah apa yang mempengaruhi orbit dapat berbentuk sangat elips.

Itulah beberapa deretan data baru tentang planet kesembilan yang dapat menambah wawasan Anda.

Dengan mengetahuinya, Anda dapat dengan mudah melacak keberadaan objek trans-Neptunus yang menghadirkan planet kesembilan tersebut. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...