Puting Beliung di Pangandaran Rusak Belasan Rumah Warga, BPBD Masih Hitung Kerugian

Angin puting beliung yang menerjang wilayah Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Kamis (14/11/2019) sore tadi.
Angin puting beliung yang menerjang wilayah Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Kamis (14/11/2019) sore tadi. Foto : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Angin puting beliung di Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (14/11/2019) menyebabkan belasan rumah rusak.

Sebelumnya dilaporkan sebanyak 6 rumah rusak akibat puting beliung di Muruyungsari, Kecamatan Padaherang. 2 rumah juga rusak di Kecamatan Langkaplancar akibat hujan angin. Lalu laporan terakhir 10 rumah rusak di Kecamatan Mangunjaya.

Nana Ruhena, Kepala BPBD Pangandaran, mengatakan bencana puting beliung terjadi secara bersamaan di beberapa tempat.

“Kami menerima laporan satu demi satu adanya rumah rusak akibat puting beliung, terakhir kami terima laporan 10 rumah rusak di Kecamatan Mangunjaya,” ujarnya.

Nana menuturkan, saat ini pihaknya masih mendata kerusakan rumah yang dialami warga akibat puting beliung di Pangandaran, sore kemarin.

“Ya kita masih mengolah data di lapangan dan pegawai BPBD sudah kami kirim ke masing-masing lokasi kejadian,” kata Nana.

Menurutnya, laporan kerusakan mesti sesuai dan detail, karena itu pihaknya harus melihat kerusakan langsung di lapangan.

“Kemarin petugas sudah mendata langsung di lapangan,” kata Nana. 

Saat ini, lanjut Nana, dari beberapa rumah yang rusak akibat puting beliung di Pangandaran, beberapa rumah sudah diperbaiki.

“Dalam penanganan bencana puting beliung di beberapa wilayah, yakni di Padaherang, Mangunjaya dan Sidamulih ada 10 unsur yang terlibat, yakni TRC BPBD, Tagana, Aparat Desa, Babinsa, Kecamatan, TNI, dan rata-rata ada 10 personil yang disebar mengingat TKP bukan hanya di satu tempat saja,” terangnya. 

Namun, BPBD Pangandaran belum bisa memastikan jumlah total kerugian. “Kami juga masih pastikan warga tidak ada yang mengungsi ataupun terluka,” katanya.

Berita Terkait: Angin Puting Beliung Terjang Muruyungsari Pangandaran, 6 Rumah Rusak Berat

Puting Beliung di Pangandaran Sebabkan Kerusakan di Beberapa Wilayah

Sementara itu, sebelumnya diberitakan hujan deras yang disertai puting beliung Pangandaran pada Kamis (14/11/2019) juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah warga di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang. Akibatnya, sekitar 6 rumah tertimpa pohon dan rusak berat.

“Dari informasi awal, ada enam rumah warga di dusun tersebut yang mengalami rusak di bagian gentingnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” kata Nana Ruhena, kepala BPBD Pangandaran kepada HR Online.

Selain merusak rumah warga, puting beliung juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menghalangi jalan di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang.

Petugas gabungan diterjunkan untuk mengevakuasi sejumlah pohon besar yang tumbang menghalangi akses jalan di wilayah desa tersebut.

Bukan itu saja, hujan deras yang mengguyur Pangandaran sore ini juga mengakibatkan gudang Puskesmas Mangunjaya ambruk. Selain karena hujan, gudang tersebut juga berada di dekat sungai yang tanahnya cukup rentan.

Bahkan di Kecamatan Langkaplancar, akibat hujan deras dan puting beliung Pangandaran, listrik sempat padam di sejumlah wilayah. Selain itu dua rumah juga dikabarkan rusak tertimpa pohon tumbang di RT 07, RW 02, Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar.  (Entang/R7/HR-Online)

Loading...