Rawan Kecelakaan, Gorong-gorong Jalan Kabupaten di Lumbung Ciamis Ambruk

gorong-gorong jalan kabupaten
Gorong-gorong jalan kabupaten di Dusun/Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk dan kini dipasangi rambu penghalang. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Gorong-gorong jalan kabupaten yang berada di Dusun/Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk. Khawatir jadi penyebab terjadinya kecelakaan, para pengguna jalan meminta Pemkab Ciamis untuk segera memperbaikinya.

Nana (32), salah seorang pengguna jalan asal Desa Kertajaya, Kecamatan Panawangan, mengatakan, akses jalan tersebut merupakan jalan penghubung antara Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung dengan desa-desa yang berada di wilayah kecamatan Panawangan.

“Tiap hari itu pasti ramai, banyak motor dan mobil yang lewat sini,” kata Nana kepada HR Online, Sabtu (16/11/2019).

Nana mengaku tidak tahu persis kapan ambruknya gorong-gorong jalan kabupaten tersebut. Hanya saja, dia menyebut gorong-gorong tersebut sudah lama ambruk.

“Kalau tidak secepatnya diperbaiki dikhawatirkan kerusakannya semakin besar dan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan,” kata Nana.

Sementara Hasan, warga sekitar, menuturkan, meski di sekitar ambruknya gorong-gorong sudah disimpan rambu penghalang, namun tidak menutup kemungkinan kendaraan bermotor terperosok ke dalam gorong gorong.

“Apalagi kalau kurang berhati-hati. Badan jalannya pun kan menjadi sempit, kalau lewat lokasi saat malam hari juga gelap, sehingga sangat rawan kecelakaan,” kata Hasan.

Hasan menilai rambu-rambu penghalang di gorong-gorong jalan kabupaten yang ambruk saat ini kurang memadai. Lantaran tidak akan terlihat jelas pada malam hari.

“Makanya, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan, alangkah baiknya sebelum mendapat perbaikan dipasang pagar bambu. Sehingga para pengendara bisa melihatnya dengan jelas. Selain harus tetap pengendara yang lewat juga harus berhati-hati,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...