Rawan Longsor, Warga Pangandaran Minta Jalan Cibatu-Ciwilis Dibangun TPT

Butuh Dibangun TPT
Rawan Longsor, Warga Pangandaran Minta Jalan Cibatu-Ciwilis Dibangun TPT

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga di Dusun Pangkalan, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran menginginkan agar jalan Cibatu-Ciwilis di wilayah mereka dibangun TPT atau Tembok Penahan Tanah. Hal itu antisipasi longsor saat musim hujan.

Tokoh Masyarakat Desa Pangkalan, Deden Hidayat, mengatakan, di jalan yang sudah dihotmix tersebut dikhawatirkan longsor, karena tanah di lokasi tersebut cukup labil lantaran badan jalannya berdekatan dengan tebing.

“Saat ini badan jalan sudah langsung berbatasan dengan tebing, karena setiap datang musim hujan. Jalan di sekitar sini selalu terjadi longsor,” ujarnya kepada Koran HR, Selasa (26/11/2019).

Jika ini terus dibiarkan tanpa penanganan, kata Deden, dihawatirkan badan jalannya juga ikut terbawa longsor lantaran tanahnya labil.

Ia menjelaskan, tebing setinggi 6 meter dengan panjang sekitar 30 meter ini harus secepatnya dibangun TPT, mengingat setiap tahun selalu ada longsor di lokasi tersebut.

“Jalan ini merupakan akses masyarakat di Desa Pangkalan dan Desa Jayasari untuk menuju Kecamatan dan pusat Kabupaten,” paparnya.

Karena jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten, ia ingin pelengkap jalannya juga menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

“Saya berharap ini menjadi prioritas untuk tahun 2020, agar apa yang menjadi kekhawatiran segera teratasi,” katanya. (Enceng/Koran HR)

Loading...