Rayap Kayu Menyerang Rumah Anda, Begini Membasminya

Rayap Kayu Menyerang Rumah Anda
Rayap kayu. Foto: net/ist

Rayap kayu termasuk dalam jenis serangga yang ‘kerjaannya’ merusak furnitur atau parabot rumah dari bahan kayu. Menurut Wikipedia, rayap kayu termasuk dalam anggota infraordo Isoptera, dengan ordonya Blattodea (kecoa).

Sementara dalam perkembang biakannya, rayap ini juga sama dengan serangga lainnya yang sangat cepat serta jumlahnya tidak sedikit.

Karena termasuk dalam jenis serangga sosial, maka tidak salah jika rayap masih termasuk ‘saudara’ semut. Orang luar mengatakannya sebagai white ant atau semut putih.

Rayap kayu ini juga selain tinggal atau sarangnya di kayu kerangka rumah atau perabotan, juga makannya bersumber dari kayu tersebut. Sehingga tidak salah jika serangga yang satu ini sangat merugikan secara ekonomi.

Oleh karena itu, jika tidak segera dibasmi dan dicegah sebelum merajalela, maka jangan disalahkan apabila perabot atau furnitur dari bahan kayu bisa rusak dimakan rayap jahat ini.  

Binatang yang satu ini sering datang saat memasuki musim hujan. Hal itu disebabkan karena dengan suhu basah atau lembab adalah kondisi terbaik untuk rayap berkembangbiak, kemudian memakan kayu yang ada di rumah.

Kusen dari bahan kayu serta daun pintu adalah yang paling sering diserang oleh rayap kayu. Namun tak luput pula memakan kayu dari tiang penyangga serta parabot rumah kesayangan Anda.

Untuk membasmi rayap kayu ini bisa dengan menggunakan bahan kimia, namun cara ini memiliki resiko yaitu kesehatan yang ada di dalam rumah. Jadi sebaiknya gunakan cara alami yang sangat aman untuk keluarga Anda.

Untuk Anda yang memiliki masalah serupa, berikut ini tips membasmi rayap yang sangat ampuh.

Cara Basmi Rayap Kayu

Sebelum membasmi rayap pemakan parabot atau kusen dan sejenis dari bahan kayu, terlebih dulu mengetahui tanda-tanda rumah jadi sayang rayap.

Rayap ini memiliki sayap dan bisa ditanggalkan. Namun begitu sayapnya ini lepas, maka mereka akan mencari lokasi baru untuk sarang barunya. Jika Anda melihat beberapa tumpukan dari sayapnya ini, maka kemungkinan ada koloni di dekatnya.

Setelah itu, rayap kayu ini akan membangun mud tubes atau terowongan yang ukurannya kecil, berfungsi sebagai jalan atau penghubungan antara koloninya dengan sumber makanan.

Bahan yang dipakai untuk membuat terowongan ini adalah dari tanah, kayu serta puing-puing. Mud tubes juga berfungsi untuk menjaga agar tetap lembab serta serangan dari luar.

Lantas bagaimana cara membasmi atau mengatasi rayap ini yang sangat merugikan dari sisi ekonomi?. Berikut ini tipsnya.

1. Maksimalkan ventilasi udara

Seperti diulas di atas, bahwa rayap kayu ini bisa berkembang biak dengan cepat di tempat yang lembab. Selain itu, sarangnya juga dijaga agar kelembapannya tetap terjaga.

Guna menghindari kelembapan tersebut, maka jangan menghalangi sinar matahari serta angin masuk ke dalam rumah Anda. sehingga furnitur dari bahan kayu ini tidak bakalan dengan gampang digerogoti rayap.

Selain itu, jangan sampai ada genangan air di sekitar rumah Anda. terlebih genangan airnya itu di dekat jendela, kusen atau pintu.

2. Pakai pendingin udara

Selain memaksimalkan ventilasi rumah agar cahaya matahari serta angin bisa masuk ke setiap sudut ruangan, mendinginkan ruangan juga bisa mengatasi rayap kayu. Seperti menggunakan AC.

Suhu ektrem atau temperatur rendah yang bersumber dari AC ini bisa membuat rayap mati mendadak. Jika bisa juga memindahkan beberapa parabot rumah dari bahan kayu ke ruangan yang ada AC-nya.

3. Perlindungan ekstra

Selanjutnya adalah dengan melindungi furnitur rumah Anda dari serangan rayap kayu dengan perlindungan ekstra, yaitu dengan memakai cat atau cairan khusus anti rayap.

Sebelum dioleskan ke parabot rumah, cat atau cairan tersebut bisa juga ditambahkan dengan mintak tanah.

Cara Membasmi Rayap Kayu Lainnya

4. Pasang jebakan

Jika Anda malas atau repot memindahkan parabot rumah untuk dijemur di luar, maka sebagai gantinya bisa dengan membat perangkap atau jebakan.

Bagaimana caranya? Siapkan beberapa kardus dan kemudian dibasahi kardusnya. Jangan sampai terlalu basah, yang penting kardus tersebut lembap saja.

Setelah itu, cari sarang rayap kayu, lalu jika sudah ketemu taruh kardus basah tersebut di dekat sarang, sampai bau yang mirip dengan kayu itu keluar sehingga bisa memancing rayap untuk mendekati.

Saat rayap itu sibuk makan kardus, lekas memindahkannya ke tempat atau halaman rumah, dan kemudian dibakar kardusnya.

5. Basmi dengan bahan rumahan

Membasmi rayap kayu bukan hanya dengan menggunakan obat-obatan kimia saja, melainkan dari bahan rumahan pun bisa dilakukan.

Bahan alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan kapur barus. Simpan kamper atau kapur barus ini di dalam parabot seperti lemari kayu atau letakan di setiap sudut rumah yang lembab.

Kapur barus ini mengandung naftalena yang aromanya sangat dibenci oleh rayap. Selain itu, bisa juga mengusir kecoa yang menjijikan.

Selain menggunakan kapur barus untuk membasmi rayap kayu, Anda juga bisa memanfaatkan sabun mandi cair. Caranya, terlebih dulu menyiapkan sabun mandi cair, air dan botol semprotan atau spray.

Aduk atau kocok sabun cair sebanyak 4 sendok dengan air satu gelas saja hingga menyatu. Kemudian, campuran itu dimasukkan ke dalam botol semprotan. Lalu semprotkan ke daerah yang diserang oleh rayap.

Campuran sabun mandi cair dengan air ini bisa menyebabkan sistem pernapasan pada rayap kayu menjadi terganggu, jadi nantinya dengan sendirinya mereka akan mati.

Cara ampuh lainnya dari dua bahan di atas adalah dengan menggunakan larutan kapur sirih. Kapur sirih yang sudah dilarutkan ini tidak hanya membunuh rayap, namun sangat mujarab membasmi serangga lainnya.

Siapkan kapur sirih kemudian campuran dengan air, setelah itu semprotkan ke bagian sarangnya. Larutan ini dapat membunuh bukan hanya mematikan rapay kayu dewasa, melainkan juga larvanya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...