Rumah Ambruk di Banjaranyar Ciamis, Pemiliknya Terpaksa Tinggal di Kandang Ayam

rumah ambruk di Banjaranyar
Rustam, menunjukkan rumahnya yang ambruk di Dusun Sukamaju, Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Rumah ambruk di Banjaranyar, kabupaten Ciamis, Kamis (7/11/2019). Pemiliknya pun terpaksa tinggal di kandang ayam.

Rumah milik Rustam di Dusun Sukamaju, RT 01 RW 07, Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk diduga lantaran gempa pada Kamis (7/1/2019). Keluarga ini pun terpaksa terpaksa tinggal di kandang ayam lantara kondisi rumahnya bisa mengancam keselamatan jiwa.

Saat ditemui HR Online, Senin (11/11/2019), Rustam mengaku terpaksa harus tinggal di kandang ayam. Dia pun berharap ada bantuan dari pemerintah untuk perbaikan rumahnya.

“Karena rumah saya kondisinya rusak parah, maka saya dan istri saya terpaksa harus menempati kandang ayam. Hal ini saya lakukan lantaran kondisi rumah saya sudah tak lagi layak untuk dijadikan tempat tinggal yang aman,” katanya.

Menurut Rustam, dinding rumahnya ambruk pada Kamis (7/11/2019) siang. Saat kejadian, dirinya sedang berada di kebun.

“Saat kejadian, saya memang tidak melihatnya karena saat itu saya sedang berada di kebun, nah kalau istri saya pas lagi di rumah saat itu, ketika itu saya sangat kaget dan syok saat melihat kondisi bangunan rumah saya yang roboh tiba-tiba,” terangnya 

Lantaran kondisi rumahnya rusak, Rustam berharap pemerintah Kabupaten Ciamis bisa memberikan bantuan untuk keluarga.

“Minimal bantuan tenda agar saya tidak harus tinggal di kandang ayam seperti sekarang,” lanjutnya.

Sementara itu. Kepala Desa Banjaranyar, Tata saat dikonfirmasi HR Online di kantornya membenarkan adanya kejadian tersebut. Bahkan menurut dia, ada 2 rumah ambruk di Banjaranyar

“Kemarin kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Bahkan sekarang kami tengah membuat proposal untuk penanggulangan masalah ini, di lokasi itu ada dua rumah yang mengalami kerusakan,” terangnya.

Kata dia, selain rumah Rustam, rumah milik Didi di RT 02, RW 07 Dusun Sukamaju, Desa/Kecamatan Banjarsanyar juga rusak parah dan harus segera mendapat bantuan.

Masih dikatakan Tata, kedua rumah ambruk di Banjaranyar tersebut rusak saat gempa susulan yang terjadi di Kabupaten Pangandaran, sepekan lalu. 

“Kalau kerusakannya itu akibat gempa pada tahun 2017 silam. Namun ambruknya pas ada guncangan gempa Pangandaran pada hari Kamis kemarin. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun korban kini kehilangan tempat tinggalnya,” katanya. (Suherman/R7/HR-Online)

Loading...