Samsung Galaxy Tab A 2019, Tablet Digital Learning Hanya Rp 2 Jutaan

Samsung Galaxy Tab A 2019
Samsung Galaxy Tab A 2019. Foto : Samsung Electronics Indonesia

Samsung Galaxy Tab A 2019 baru saja tiba di pasar Indonesia. Tablet yang diperkenalkan oleh Samsung Electronics Indonesia ini menargetkan pasar anak sekolah. Pasalnya, di dalam Samsung Galaxy Tab ini terdapat fitur yang bisa membantu proses belajar, baik di sekolah maupun di rumah.

Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono mengatakan, proses belajar dengan menggunakan tablet dari Samsung ini bisa menjadi solusi untuk anak didik, guru, serta kemajuan pendidikan di Tanah Air.

Menurutnya, anak sekolah saat ini tidak pernah lepas dari gawai, serta dengan memakai perangkat elektronik ini bisa memudahkan proses belajar melalui audio atau visual. Untuk keduanya itu (audio dan visual) bisa tersimpan di buku elektronik pada gawai tablet, sehingga bisa menjadikan lebih mudah, ringan, serta terjangkau, ketimbang manual atau membeli buku yang pasti jumlahnya tidak sedikit.

“Samsung Galaxy Tab A 2019 dengan layar 8 inci serta dibekali fitur Samsung One UI ini, bisa membantu anak sekolah serta guru menjalankan proses belajar lebih efektif serta menyenangkan,” tuturnya, seperti dalam rilis yang diterima HR Online.

Tablet besutan Samsung ini sendiri dirilis sejak Juli 2019, namun baru hadir di Indonesia belum lama ini. Untuk layar jernih dengan 16:10 dan luas 8 inci berpanel WXGA TFT, dan resolusi 1280 x 800 piksel. Sehingga visualnya yang jernih ini bisa sangat membantu prosesk belajar siswa.

Dibagian dapur pacu menggunakan senjata chip Qualcomm Snapdragon 429 (Quad 2.0 GHz), dengan GPU Adreno 504. Performanya ini ditopang RAM berkapasitas 2 GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 32 GB. Penyimpanannya ini bisa diekspansi dengan menggunakan slot microSD hingga 512 GB.

Spek Samsung Galaxy Tab A 2019

Untuk sektor fotografi, tablet Galaxy Tab A 8 inci ini dipasang satu kamera di belakang dengan resolusi 8 MP (AF) dan satu lensa di depan 2 MP. Sedangkan kapasitas baterai sebesar 5,100 mAh.

Dimensi secara keseluruhan dari Samsung Galaxy Tab A 2019 mencapai 210 x 124.4 x 8 mm dengan berat 347 gram. Bodinya menggunakan bahan metal. Desainya sangat premium compact dengan dibalut warna yang menarik yakni hitam dan silver.

Spesifikasi lainnya dari Samsung Galaxy Tab A 2019, sistem operasi (OS) berbasis Android 9 Pie, dan menjalankan user interface Samsung One UI yang dapat mengoperasikan multi-window.

Tersedia juga aplikasi yang bisa membantu anak belajar, yaitu My School serta Kids Home. Aplikasi ini tidak hanya dipakai oleh anak didik, melainkan orang tua serta guru juga dapat menggunakannya untuk mengamati aktivitas belajar anak.

Sementara untuk audio sebagai penopang proses belajar dipasang dual speaker. Tidak ketinggalan terdapat pula micro USB 2.0, WiFi, Bluetooth dan microphone.

Samsung Smart Learning Class

Ennita menambahkan, pihaknya juga menghadirkan Samsung Smart Learning Class, yang merupakan rancangan kelas digital untuk SD sampai kuliahan. Konsep atau rancangan itu dibuat sebagai penunjang dari kurikulum sekolah.

“Samsung berkerjasama dengan PesonaEdu, menghadirkan materi pembelajaran yang sangat mudah dipahami dan menarik oleh anak sekolah, yaitu dengan konsep belajar di Samsung Smart Learning Class,” ucapnya.

Ennita menjelaskan, Samsung Smart Learning Class merupakan sebuah ruang kelas dengan basis Information and Communication Technology (ICT). Di dalamnya terdapat beberapa konten yang bisa membantu guru untuk mencari materi yang akan disampaikan ke anak didik.

Untuk harga dari Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci di Indonesia dibanderol Rp 1,999 juta. Tablet besutan negeri Gingseng atau Korea Selatan ini bisa didapat di setiap Samsung Store, Samsung.com, dan e commerce di Indonesia. (Adi/R5/HR-Online)