Satu Rumah di Kota Banjar Ambruk, Ini Penyebabnya

Satu Rumah di Kota Banjar Ambruk
Rumah Devi, warga Dusun Priagung yang ambruk, Kamis (21/11/2019) sekitar pukul 02:00 WIB. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Musibah rumah ambruk menimpa rumah milik Devi, warga RT. 15/06, Dusun Priagung, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019) sekitar pukul 02:00 WIB.

Rumah bangunan semi permanen tersebut ambruk hingga atap. Sedangkan dinding bagian tengah rumah roboh dan rata dengan tanah, karena lapuk termakan usia.

Kepala Dusun Priagung, Heri Kiswanto menuturkan, kondisi rumah yang ambruk tersebut memang sudah tua dan banyak kontruksi yang rapuh.

Selain itu, dulu bagian belakang rumah sudah pernah diperbaiki, akan tetapi mungkin karena terkendala biaya sehingga belum sempat merehab sampai bagian depan.

Heri menambahkan, saat kejadian kebetulan pemilik rumah sedang menginap di rumah orangtuanya, sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Karena khawatir dan yang punya rumah juga mungkin sudah memperkirakan, jadi kebetulan tadi malam menginap di rumah orangtua,” kata Heri kepada HR Online, Jum’at (22/11/2019).

Lanjut Heri, saat ini musibah ambruk rumah milik Devi ini sudah dibantu oleh Tim BPBD Kota Banjar, Baznas, Ormas Pemuda Pancasila dan masyarakat sekitar.

“Sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota tadi juga ada perwakilan BPBD, Baznas Ormas yang ikut membantu. Diperkirakan kerugian mencapai dua puluh jutaan,” kata Heri.

Sementara itu Bripka Dani Trisnawan, Bhabinsa yang sedang meninjau lokasi kejadian menambahkan, nantinya masyarakat akan diajak bergotong royong membantu merapikan rumah yang ambruk tersebut.

Selain itu, Dani menghimbau, menghadapi awal musim penghujan ini, agar masyarakat  selalu waspada musibah bencana.

“Kami ingatkan, menghadapi musim penghujan ini agar merapikan pohon-pohon¬†yang berdekatan dengan rumah dan pemukiman warga. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya bahaya angin kencang,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Loading...