Selama Kemarau, PDAM Tirta Galuh Ciamis Sudah Salurkan 2 Juta Liter Air Bersih

PDAM Tirta Galuh Ciamis
Petugas PDAM Tirta Galuh Ciamis menyalurkan bantuan air bersih. Foto: Dok PDAM Tirta Galuh.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis telah menyalurkan lebih dari 2 juta liter air untuk warga yang dilanda kekeringan selama musim kemarau tahun 2019.

Dadan, Humas PDAM Tirta Galuh, mengatakan per tanggal 19 November 2019, tercatat PDAM telah mendistribusikan air bersih sebanyak 2.354.000 liter.

“Sudah kewajiban kami sebagai BUMD atau kepanjangtanganan Pemerintah Daerah membantu masyarakat kabupaten Ciamis dalam mendapatkan air bersih,” ujar Dadan kepada HR Online, Rabu (20/11/2019).

Selama musim kemarau tahun 2019, lanjut Dadan, banyak wilayah yang dilanda kekeringan di Ciamis mengajukan bantuan air bersih. Bahkan, Dadan menyebut lebih banyak daripad atahun-tahun sebelumnya.

“Pernah terjadi kemarau panjang pada tahun 2015 akan tetapi pada tahun ini sangat parah, beberapa mata air kering. Bulan November yang seharusnya sudah hujan pun, masih belum merata, sehingga mata air belum terisi,” terangnya. 

Dadan menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan air bersih, masyarakat melalui Pemerintah Desa bisa memberikan surat pengajuan ke BPBD Ciamis atau langsung ke PDAM Tirta Galuh.

“Kami akui mobil tangki penyalur air kurang, mengakibatkan gerak kami terbatas. Itu pun sama halnya dengan mobil tangki yang ada di BPBD Ciamis. Sehingga biasanya ada masyarakat ataupun relawan yang datang langsung ke sini membawa mobil sendiri,” ungkapnya. 

Dadan mengaku beruntung sampai sekarang sumber ai baku PDAM tirta Galuh masih mencukupi. Sehingga pasokan pelanggan tidak terganggu dan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan masih terpenuhi. 

“Alhamdulillah, aspek kebutuhan dalam melayani masyarakat bisa terpenuhi. Semoga saja hujan turun sehingga kebutuhan air bersih masyarakat bisa terpenuhi,” harapnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...