Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisSMA Negeri 3 Ciamis Borong Gelar Juara di Turnamen Basket Bina Pratama...

SMA Negeri 3 Ciamis Borong Gelar Juara di Turnamen Basket Bina Pratama Cup

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- SMA Negeri 3 Ciamis Jawa Barat kembali membuktikan sebagai sekolah berbasis olahraga di wilayah Priangan Timur dengan memborong gelar juara di turnamen Basket Bina Pratama Cup Ciamis yang partai finalnya digelar di Gedung Galuh Taruna Ciamis, Kamis-Jum’at (21-22/11/2019).

Pada turnamen ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu turnamen basket putra dan turnamen basket putri. Sekolah yang beralamat di jalan Bojonghuni Ciamis ini mengirimkan dua tim sekaligus pada masing-masing kategori.

Pada kategori basket putra, tim A SMA Negeri 3 Ciamis berhasil keluar sebagai juara pertama setelah mengalahkan tim basket A SMA Negeri 1 Ciamis di partai final. Sementara tim B SMA Negeri 3 Ciamis merebut gelar juara ketiga setelah mengalahkan tim SMA Negeri 2 Ciamis.

Sedangkan pada kategori basket putri, tim A SMA Negeri 3 Ciamis dan tim B-nya sama-sama melaju ke babak final. Final derby satu kampus ini akhirnya dimenangkan oleh tim A sekaligus mengangkat tropy juara pertama.

Borong gelar juara rupanya tidak sampai di situ, sekolah yang dijuluki SMANTIC ini pun berhasil memboyong kembali gelar pemain terbaik untuk kategori putra dan putri. Selain itu supporternya juga dinobatkan sebagai supporter terbaik.

Atlet SMA Negeri 3 Ciamis Dilatih Pelatih Profesional

Kepala SMA Negeri 3 Ciamis, Dede Hidayat, mengaku bersyukur atas prestasi gemilang yang diraih anak didiknya. Menurutnya, program khusus pendidikan olahraga yang diterapkan di sekolahnya kini sudah membuahkan hasil yang memuaskan.

“Selama lima tahun terakhir ini siswa kami selalu menorehkan prestasi di berbagai cabang kejuaraan olahraga, baik kejuaraan antar pelajar maupun di kejuaraan umum. Level kejuaraannya pun tidak hanya di tingkat lokal saja, tetapi juga di tingkat provinsi dan bahkan nasional,” ujarnya, kepada HR Online, Senin (25/11/2019).

Dede menjelaskan, setelah pihaknya melibatkan sejumlah pelatih olahraga professional dalam melatih dan membina anak didiknya di berbagai cabang olahraga, merupakan salah satu kiat sukses tim olahraga sekolahnya selalu meraih prestasi.

“Setiap pembinaan dan pelatihan cabang olahraga memang masih dipimpin oleh guru olahraga. Namun, guru olahraga di sekolah kami melibatkan pelatih professional untuk meningkatkan kemampuan siswa. Program latihannya pun sudah memakai standar atlet professional,” ujarnya.

Dede pun berharap dengan banyaknya prestasi di bidang olahraga yang diraih anak didiknya bisa mengangkat citra positif sekolahnya dan mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di tingkat regional dan nasional.

“Kami juga mengajak kepada orangtua yang memiliki anak yang masih bersekolah di tingkat SMP dan anak tersebut memiliki minat dalam olahraga prestasi agar melanjutkan sekolahnya ke SMA Negeri 3 Ciamis. Di sini setiap siswa yang memiliki bakat olahraga dibina dan dilatih sesuai bakatnya untuk dipersiapkan menjadi atlet professional,” pungkasnya. (R2/HR-Online)