Smartphone Realme X2 Pro Jadi Saingan Black Shark 2 Pro di Indonesia

Realme X2 Pro Jadi Saingan Black Shark 2 Pro
Realme X2 Pro vs Black Shark 2 Pro. Foto : net/ist

Smartphone Realme X2 Pro direncanakan akan meluncur di Indonesia pada 27 November 2019. Sebelumnya, HP terbaru Realme ini dirilis terlebih dulu di negara asalnya, Tiongkok, kemudian ke negara di Eropa dan singgah ke India.

Kehadiran HP terbaru besutan Realme ini akan menjadi saingan bagi HP Black Shark 2 Pro, yang merupakan smartphone gaming dan terlebih dulu dirilis. Sebab, dua smartphone ini sama-sama memakai tenaga dari chipset terbaru, yakni Qualcomm Snapdragon 855 plus.

Sebagai informasi, Snapdragon 855 plus yang dikenalkan ke publik Desember 2018. Tentu sebagai penerus dari Snapdragon 855, bisa dipastikan performanya akan berlari kencang.

Selain itu, sama seperti Black Shark 2 Pro yang memang dikhususkan untuk pecinta game, Smartphone Realme X2 Pro juga tidak kalah hebat ketika dipakai untuk bermain game.

Sebab, pada layarnya didukung refresh rate tinggi, yakni 90 Hz. Sehingga, dengan tampilan layar yang sangat bagus ini, maka pengguna akan dibuat nyaman.

Berikut ini perbandingan dari Realme X2 Pro dengan Black Shark 2 Pro.

Performa

Seperi diulas di atas, untuk HP Realme yang sebentar lagi hadir di Tanah Air yakni seri X2 Pro mengandalkan chip Snapdragon 855 plus, dengan kecepatan 2,96 GHz yang sangat pas untuk game berat. Untuk GPU atau grafis menggunakan Adreno 640 (700 MHz).

Sedangkan untuk pendukung performa, dipasang RAM dengan kapasitas 6 GB, 8 GB dan 12 GB. Penyimpanan internal 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Namun belum ada kepastian besaran RAM yang akan di bawa ke Indonesia.

Sementara untuk Black Shark 2 Pro, tidak ada perbedaan dengan smartphone Realme X2 Pro yang sama mengusung chipset, GPU serta kecepatan dari chipset atau prosesor itu sendiri.

Untuk RAM sendiri ada dua varian 8 GB serta 12 GB, yang disandingkan dengan internal memori 128 GB dan 256 GB.

Smartphone Realme X2 Pro vs Black Shark 2 Pro

Display

Bagian Display, seri X2 Pro ini memiliki ukuran layar  6.5 inci FHD+, beresolusi 1080 x 2400 piksel serta aspek rasionya 20:9.

Selain layarnya berpanel Super AMOLED, juga dilindungi Corning Gorilla Glass 5 sebagai anti goresnya.

Sedangkan HP Black Shark 2 Pro lebih kecil dari smartphone Realme X2 Pro, yaitu berukuran 6,39. Resolusi layarnya 1080×2340 piksel dan sama juga berpanel AMOLED.

Kamera

Di sektor fotografi, HP Realme ini dipasang quad camera di belakang. Masing-masing lensanya, 64 MP sebagai kamera utama, lensa telefoto berkekuatan 13 MP yang didukungan hybrid zoom 20x, kemudian kamera ultra-wide angle 8 MP serta lensa portrait 2 MP.

Sedangkan di bagian depan dipasang lensa berkekuatan 16 MP, yang tentunya bisa memanjakan pencinta selfie atau swafoto.

Lantas bagaimana dengan Black Shark 2 Pro? Rupanya di sektor kamera belakang masih kalah dengan smartphone Realme X2 Pro.

Black Shark 2 Pro di bagian belakang hanya dipasang dual lensa. Dua kamera belakangnya ini berkekuatan 48 MP (wide) serta 12 MP (telephoto).

Namun kamera depan Black Shark 2 Pro masih unggul dari Realme X2 Pro, dengan membawa kamera selfie beresolusi 20 MP.

Baterai

Di sektor daya, X2 Pro dari Realme ini memiliki kapasitas 4000 mAh. Dipasang juga fitur pengisian cepat 50W (SuperVOOC Flash Charge), yang diklaim pihak Realme bisa mengisi full 100 persen hanya dalam waktu 35 menit.

Sementara untuk pesaing smartphone Realme X2 Pro yakni Black Shark 2 Pro, sama baterainya berkapasitas 4000 mAh. Akan tetapi fitur pengisian cepat mengandalkan kekuatan 27W.

Sayang, sampai saat ini pihak Realme tidak memberikan detail tentang harga dari seri X2 Pro ini. Sebagai bahan perbandingan, di Eropa smartphone ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 5,5 jutaan.

Sedangkan untuk Black Shark 2 Pro lebih mahal dari smartphone Realme X2 Pro. Di Indonesia, Black Shark 2 Pro dibanderol antara Rp 8-10 jutaan, hal itu tergantung dari besaran RAM. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...