Suka Gadang? Ini Lho Risiko Kurang Tidur Malam

Suka Gadang? Ini Lho Risiko Kurang Tidur Malam

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tugas dan aktivitas yang begitu banyak terkadang membuat Anda harus begadang dan bangun lebih awal. Sehingga dampaknya, mengurangi waktu tidur Anda pada malam hari. Hal ini ternyata dapat membuat mood Anda berantakan serta memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk itu Anda harus menghindarinya. Berikut ini beberapa risiko kurang tidur malam.

Kesehatan Jantung Menurun

Durasi tidur yang terlalu singkat seperti kurang dari 5 jam atau terlalu lama yakni lebih dari 9 jam ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh terutama pada bagian jantung. Menurut Hollingswort, kurang tidur dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti serangan jantung dan detak jantung yang tak teratur.

Rentan Sakit

Terdapat penelitian terkait hubungan erat antara tidur dengan sistem kekebalan tubuh. Hal ini didasari pada alasan karena pada saat tidur tubuh akan menghasilkan protein bernama cytokines yang berfungsi saat tubuh Anda mengalami infeksi atau peradangan. Selain itu,kurang tidur juga dapat mengurangi system kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Sehingga, tubuh mudah terserang penyakit.

Kemampuan Berfikir Berkurang

Sebuah riset yang dilakukan oleh Experimental Brain Reseach menghasilkan bahwa seseorang yang kurang tidur pada saat di beri tugas untuk dikerjakan hasilnya menunjukkan bahwa fungsi otak seperti daya ingat dan menyelesaikan masalah turun drastis. Hal ini membuktikan bahwa satu malam kurang tidur saja sudah sangat berpengaruh pada kemampuan berfikir dan daya kognitif otak.

Risiko Kanker Meningkat

Salah satu risiko kurang tidur malam yang satu ini harus Anda perhatikan khususnya bagi para wanita. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan mulai mengatur pola tidur Anda jangan membiasakan untuk begadang.

Menaikkan Berat Bada

Kurang tidur ternyata dapat menaikkan berat badan Anda. Hal ini sesuai dengan ungkapan dari Hollingswort, bahwa ketika Anda tidak cukup tidur, tingkat leptin menurun sehingga mudah lapar dan lebih mungkin untuk makan makanan yang berkalori tinggi. Sehingga, dapat menyebabkan berat badan akan lebih mudah naik.

Gampang Lupa

Kurang tidur ternyata tak hanya berdampak pada kemampuan berfikir namun, juga berpengaruh pada daya ingat dan kemampuan menyerap informasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang memaparkan bahwa jam tidur punya peranan penting bagi proses menyimpan dan mengolah informasi dalam otak.

Menyebabkan Kulit Keriput

Menurut Cosmo dari hasil risetnya menjelaskan bahwa kurang tidur juga menyebabkan kulit Anda jadi cepat keriput. Riset ini melibatkan sekelompok orang dengan usia yang berbeda dan kebiasaan tidur serta kondisi kulit yang berbeda. Hasilnya mereka yang kurang tidur memiliki lebih banyak keriput, garis halus, kulit kendor, dan warna kulit yang tidak merata.

Itulah beberapa risiko kurang tidur malam yang harus diperhatikan apabila Anda salah satu orang yang suka begadang. Karena ternyata kurang tidur dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan wajah Anda. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...