Ini Dia Sumber Vitamin Untuk Mata Terbaik yang Rekomended

vitamin untuk mata
Makanan sumber vitamin untuk mata. Foto: Istimewa

Ada banyak sumber vitamin untuk mata yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Apalagi mata merupakan panca indra paling penting yang sangat berharga. Menjaganya akan membuat kita bisa lebih mensyukuri nikmat Allah.

Kata orang bijak, mata adalah jendela dunia dimana melalui mata kita dapat melihat dan menikmati keindahan dunia. Sebaliknya, melalui indra ini kita juga bisa menyaksikan kerusakan karena bencana alam.

Fungsi mata bukan hanya untuk melihat atau memandang. Yang tak kalah penting, dari indra ini pula akan terbentuk pandangan hidup kita. Namun apakah pandangan hidup ini benar atau buruk bukanlah ditentukan oleh mata.

Mata hanyalah salah satu indra yang dimiliki manusia. Menjaganya merupakan tugas kita agar tetap berfungsi optimal. Salah satunya dengan memberikan asupan vitamin untuk mata agar selalu terjaga kesehatannya.

Pentingnya Asupan Vitamin Untuk Mata

Untuk menjaga kesehatan tubuh salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Begitu pun dengan mata, agar selalu terjaga kesehatannya maka perlu mencukupi kebutuhan mata terhadap nutrisi.

Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa jenis vitamin yang sangat penting untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Karena itulah kita kemudian menyimpulkan agar banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

Salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin A antara lain wortel. Karena itu kita juga beranggapan agar makan wortel yang banyak jika ingin meningkatkan asupan vitamin untuk mata.

Persepsi atau anggapan semacam ini tentu saja tidak salah. Apalagi tak sedikit penelitian yang menemukan banyaknya kasus kebutaan mata pada anak-anak penyebab utamanya karena kekurangan vitamin A.

Namun persepsi semacam ini sebaiknya segera diluruskan. Sebab, kesehatan mata tak hanya tergantung pada vitamin A. Ada jenis vitamin lainnya yang juga berperan penting dalam melindungi, menjaga dan meningkatkan kualitas mata.

Diantaranya vitamin C dan E. Vitamin C merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrisi ini juga sangat penting untuk melindungi mata dari serangan penyakit.

Selain sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, jenis vitamin untuk mata ini juga berperan penting dalam mencegah mata dari katarak. Vitamin ini juga terbukti ampuh dalam melindungi retina mata dari kerusakan.

Sedangkan manfaat vitamin E selama ini lekat sebagai jenis nutrisi yang berfungsi untuk menangkal penyakit kanker dan menjaga kesehatan jantung. Vitamin E juga diketahui sangat dibutuhkan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Padahal, vitamin E juga sangat dibutuhkan mata terutama untuk merawat dan menjaga retina agar fungsinya optimal. Jika tubuh kekurangan vitamin untuk mata jenis ini bisa menyebabkan retina terganggu atau mengalami kerusakan.

Banyak penelitian lain yang melaporkan bahwa rendahnya asupan vitamin C dan E bisa berakibat buruk dan menimbulkan gangguan mata. Bahkan dampak buruknya bisa menyerang retina mata.

Kerusakan retina kebanyakan terjadi karena degerenerasi macula yang perannya sangat penting untuk meningkatkan fungsi central vision. Gangguan ini kebanyakan dialami orang yang kekurangan asupan vitamin C, E dan zat antioksidan.

9 Makanan Terbaik untuk Mata

Dengan begitu, untuk menjaga kesehatan mata tak hanya membutuhkan asupan vitamin A saja, namun juga vitamin C dan E. Berikut daftar makanan yang diketahui kaya dengan vitamin berdasarkan berat per-100 gram.

  1. Wortel – Sayuran ini diketahui kaya vitamin A sebanyak 3600 RE dan kandungan vitamin C sebanyak 8 mg.
  2. Bayam – Sayuran hijau ini mengandung vitamin A sebesar 1015 RE dan vitamin C sebanyak 35 mg
  3. Paprika – Cabe Eropa ini mengandung vitamin A sebanyak 875 RE dan vitamin C sebanyak 103 mg
  4. Mangga – Buah ini kandungan vitamin A sebanyak 185 RE dan vitamin C sebanyak 46 mg
  5. Asparagus – Sayuran ini juga kaya vitamin A sebesar 125 RE dan vitamin C (13 mg)
  6. Brokoli – Sayuran ini mengandung vitamin A (210 RE) dan vitamin C (68 mg)
  7. Alpukat – Buah ini mengandung  vitamin A (70 RE) dan vitamin C (13 mg), dan sedikit vitamin E.
  8. Pepaya – Buah manis ini kaya vitamin A sebanyak 56 RE dan vitamin C sebesar 74 mg
  9. Kacang Panjang – Sayuran ini juga mengandung vitamin A (295 RE) dan vitamin C (27 mg)

Dengan mengkonsumsi makanan di atas secara berselang-seling akan mampu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asupan vitamin untuk mata. Sehingga kesehatan mata pun diharapkan selalu terjaga.

Loading...