Tahu Nggak! Ini Lho Manfaat Ubi Jalar untuk Tubuh

Tahu Nggak! Ini Lho Manfaat Ubi Jalar untuk Tubuh

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tidak hanya nikmat, manfaat ubi jalar juga cukup banyak untuk bisa kita rasakan di masa depan. Memang, ubi jalar tidak secantik wortel dari segi luar, tapi makanan satu ini memiliki banyak peminat, apalagi jika disantap saat saat suasana dingin dengan cara dibakar.

Supaya tidak meragukan Anda lagi, di bawah ini daftar lengkap manfaat ubi jalar untuk tubuh!

Tinggi Nutrisi

Dalam satu ubi jalar seberat 200 gram, terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebut saja seperti serat, vitamin, dan mineral. Terutama ubi jalar dengan warna ungu dan kuning yang juga kaya antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan peradangan dan merusak DNA.

Baik untuk Usus

Ubi jalar sangat baik untuk usus karena memiliki serat yang tidak memiliki lemak dan dapat melunakkan feses Anda. Selain itu, ubi jalar ungu mengandung serat yang bisa menurunkan resiko kanker usus dan membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa sangka, manfaat ubi jalar lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol. Pun dalam ubi jalar terdapat kalium yang bekerja sama dengan natrium dalam tubuh Anda untuk menjaga tekanan darah tetap seimbang dan sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Terkandung vitamin A, makan ubi jalar membantu tubuh Anda menguatkan sel-sel kekebalan yang mencegah infeksi dan penyakit dan memiliki efek anti tumor. Tidak kalah, ada vitamin C yang penting untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

Meningkatkan Kerja Otak

Kolin merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, sementara mangan membantu menggerakan impuls untuk kerja badan. Dan hebatnya, kedua kandungan tersebut, bisa ditemukan dalam ubi jalar. Juga dalam ubi ungu, mengandung antosianin yang berguna sebagai penambah daya ingat.

Mengurangi Stress

Karena mengandung magnesium, ubi jalar dapat membantu Anda lebih rileks. Magnesium sendiri sudah terbukti berperan dalam menenangkan otak. Selain pada ubi jalar, Anda juga bisa menemukan kandungan magnesium ini dalam alpukat, kacang-kacangan, tahu dan sayuran hijau.

Cara Memasak Ubi Jalar dengan Benar

Agar Anda tidak kehilangan manfaat ubi jalar yang luar biasa tadi, cara memasaknya pun harus benar. Berikut adalah cara memasak ubi jalar tanpa menghilangkan nutrisinya:

  1. Pastikan bahwa ubi jalar sudah dicuci bersih. Saat sudah kering, tusuk-tusuk beberapa kali menggunakan garpu.
  2. Letakkan ubi jalar pada piring, kemudian masukan dalam microwave selama kurang lebih 3 menit.
  3. Setelah itu, buka microwave dan balik ubi agar matang merata.
  4. Panggang lagi selama 2 sampai 4 menit.
  5. Hati-hati saat akan menyantap ubi jalar karena biasanya, ubi mengeluarkan banyak uap. (Deni/R4/HR-Online)
Loading...