Tahun 2020, Pusat Budaya Dibangun di Karangkamulyan Ciamis

Wisawatan ke Karangkamulyan
Obyek Wisata Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kabupaten Ciamis tidak terlepas dengan peninggalan Sejarah Kerjaan Galuh dengan adanya Situs Budaya Karangkamulyan yang berada di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pengembangan objek wisata sesuai dengan visi misi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan membangun Gedung pusat budaya di Kompleks Situs Karangkamulyan pada tahun 2020.

“Belum pasti mengenai  pembangunan yang akan dilaksanakan di kompleks Situs Karangkamuliyan, entah Rp 5-7 miliar. Namun insaallah akan dilaksanakan pada tahun 2020,” terang Iing Ahmad Rifai, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Bebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Senin (04/11/2019).

Iing menambahkan, kalaupun jadi pembangunan di kompleks Situs Karangkamuliyan di dalamnya akan dibangun  gajebo, pendopo dan ruang lainnya. Sehingga tempat tersebut akan digunakan untuk berkumpulnya para budayawan, masyarakat ataupun wisatawan.

“Sesuai dengan namanya, pusat budaya, nantinya akan ada informasi-informasi mengenai sejarah Kerajaan Galuh,” katanya.

Hingga saat ini, kata Iing, pihaknya menunggu kajian terkait dengan kelayakan lokasi pembangunan Pusat Kebudayaan di kompleks Situs  Karangkamulyan oleh pihak konsultan.

“Untuk jin pembangunan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPJB) Banten sudah ada. Dan tinggal diteliti, takutnya ada situs yang terbongkar,” pungkasnya. (Fahmi/Koran HR)

Loading...