Tak Dapat Bantuan Rutilahu, Warga Handapherang Ciamis Swadaya Bangun Rumah Mu’ah

swadaya bangun rumah
Warga Dusun/Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis membangun rumah Ny Mu'ah yang tak layak huni. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga dusun/Desa Handapherang RT 07 RW 03, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, secara swadaya bangun rumah Ny Mu’ah yang tidak layak huni.

Ny Mu’ah merupakan seorang janda yang ditinggal suami dan anaknya. Selama ini dia tinggal di rumah tidak layak huni di tanah milik orang lain.

Karena menempati tanah orang, Mu’ah tidak bisa mendapatkan bantuan rutilahu dari pemerintah seperti yang lainnya. Selain itu Ny Mu’ah, diketahui sedikit kurang sehat mentalnya.

“Melihat kondisi Ny Mu’ah yang memprihatinkan, hidup sebatang kara dalam keadaan seperti itu, kami tersentuh hati untuk membantu membangunkan rumah,” ujar warga setempat yang juga anggota BPD Handapherang, Eris Daryanto, Minggu (17/11/2019).

Kata Eris, Mu’ah tinggal di rumah yang mirip saung di belakang rumah tetangganya. Karena takut ambruk, warga secara swadaya bangun rumah Mu’ah.

“Untuk rehab bahan bangunan dan upah itu ditanggung oleh warga sekitar yang peduli, dibantu Kades, Kadus, RT, warga lingkungan lainnya menyiapkan makanan untuk tukang dan warga yang ikut membantu,” ucapnya.

Rumah Ny Mu’ah dibangun dengan semi permanen. Pembangunannya sekarang sudah hampir 50 persen.

“Saat ini masih kurang semen, kayu dan cat tembok, semoga secepatnya ada bantuan lagi agar segera kita garap, dan rumah Ny Mu’ah bisa segera ditempati,” katanya. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...