Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruTanaman Herbal Sehat Ini Bisa Hidup Di Dalam Ruangan

Tanaman Herbal Sehat Ini Bisa Hidup Di Dalam Ruangan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tanaman herbal sehat. Bahkan, banyak keluarga yang membudidayakan tanaman herbal di pekarangan rumahnya.

Mereka menanam tanaman herbal sehat sebagai obat alami bila mereka mengalami sakit ringan. Dan juga sebagai obat alternatif bila pengobatan medis masih belum membuahkan hasil.

Selain ditanam di pekarangan rumah, ternyata tanaman sehat ini juga ada yang bisa hidup di dalam ruangan. Berikut ini beberapa daftar tanaman herbal yang bisa hidup di dalam ruangan.

Kemangi

Kemangi biasanya dijadikan sebagai lalapan pada aneka kuliner. Namun ternyata, kemangi juga termasuk tanaman herbal sehat.

Orang China menggunakan tanaman ini sebagai obat sakit perut, infeksi, gigitan ular, gigitan serangga, obat diare, hingga obat kanker.

Kemangi juga bisa memelihara kesehatan jantung, menurunkan gula darah, dan meningkatkan kualitas sperma.

Kebanyakan kemangi ditanam di pekarangan rumah namun Anda juga bisa menanamnya di dalam ruangan. Yang penting, kemangi terpapar sinar matahari dan mendapat air yang cukup.

Daun Ketumbar

Daun ketumbar tidak hanya digunakan sebagai bumbu ataupun campuran masakan saja. Ternyata daun ketumbar juga memiliki khasiat lain sebagai tanaman herbal.

Daun ketumbar berkhasiat untuk memberikan nutrisi pada mata, mengatasi keracunan makanan, mencegah penyakit jantung, dan juga meredakan nyeri atau kram saat menstruasi.

Anda bisa menanam ketumbar di dalam ruangan dengan meletakkannya di dekat jendela agar mendapatkan sinar matahari. Anda juga harus menyiraminya dengan air sekcukupnya.

Daun Salam

Selain sebagai bumbu dapur, Daun salam ternyata juga bisa dijadikan sebagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Daun ini bisa mengobati diabetes, menyehatkan jantung, mencegah batu ginjal, hingga bisa menghalau berbagai tipe kanker.

Untuk menanam di dalam ruangan, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang menghadap ke timur atau barat.

Selain itu, Anda harus menggunakan pot yang agak besar karena daun salam membutuhkan sirkulasi udara yang baik.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan nutrisi seperti kalsium, magnesium, natrium, glukosa, dan berbagai vitamin sehingga tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Lidah buaya dapat membantu kesehatan rambut, menyehatkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Lidah biaya juga bisa ditaman di dalam ruangan bahkan tanaman ini bisa menjadi pembersih udara karena menyerap karbon dioksida, formaldehida monoksida, dan karbon monoksida.

Kaktus

Kaktus juga salah satu tanaman herbal yang bisa hidup di dalam ruangan. Kaktus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kaktus bisa menjadi penawar racun gigitan serangga, mengatasi diabetes, meredakan sakit perut, mencegah kanker hingga serangan jantung.

Kaktus juga mampu menyerap karbon dioksida dengan baik dan bisa menambah jumlah oksigen sehingga ruangan memiliki udara yang bersih.

Itulah beberapa tanaman herbal sehat yang bisa hidup di dalam ruangan Tanaman-tanaman tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Anda bisa mencoba menanamnya di dalam rumah. Semoga bermanfaat bagi Anda. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru