Tanaman Tropis Afrika Terancam Punah, Ini Penyebabnya

tanaman tropis Afrika
Salah satu tanaman tropis Afrika. Foto: Mongabay/Net

Sepertiga tanaman tropis Afrika dikabarkan terancam punah. Hal ini diketahui berdasarkan penelitian baru yang terungkap belum lama ini.

Lebih dari 40 persen kekayaan tanaman yang ada di Afrika menghilang. Ancaman kepunahan tanaman tropis ini tentu saja memukul Afrika, terutama Afrika Barat.

Selain Afrika Barat, ancaman kepunahan tanaman tropis juga dirasakan di Ethiopia, sebagian Tanzania, dan bahkan Republik Demokratik Kongo.

Ancaman Kepunahan Tanaman Tropis Afrika

Berbagai spesies tanaman dinyatakan terancam punah dan langsung menjadi sorotan dunia. Adapun spesies tersebut termasuk pohon, semak, dan tumbuhan.

Ancaman kepunahan ini menjadi bahan pembicaraan yang serius mengingat tanaman selama ini berperan penting dalam menunjang kehidupan manusia.

Disamping itu, tanaman merambat berkayu juga disebut mengalami kepunahan. Kondisi ini benar-benar memprihatinkan.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh para ilmuwan, ancaman kepunahan tanaman tropis Afrika itu sendiri mencangkup deforestasi, pertumbuhan populasi dan bahkan perubahan iklim.

Dampak yang ditimbulkan dari ancaman kepunahan tanaman tropis dalam berbagai entitas ini tidak main-main karena menyangkut keberlangsungan kehidupan.

Dr Thomas Couvreur selaku ketua peneliti dari Institut Nasional Perancis untuk Pembangunan Berkelanjutan menjelaskan, keanekaragaman hayati memberikan segudang manfaat bagi manusia.

Maka dari itu, kehilangan keanekaragaman hayati sudah pasti membahayakan masa depan manusia. Dampak yang ditimbulkan tidaklah sepele.

Terkait ancaman kepunahan tanaman tropis, para peneliti mengungkapkannya melalui metode khusus. Metode ini dilakukan untuk menilai ancaman kepunahan tanaman yang jumlahnya lebih dari 20.000 spesies.

Dari metode tersebut, para peneliti menemukan fakta bahwa ada 33 persen spesies tanaman yang terancam punah. Sedangkan sepertiga spesies lainnya diduga langka.

Jika tak segera diatasi, spesies tanaman yang langka tersebut juga akan terancam punah seiring berjalannya waktu. Dengan melihat situasi tanaman tropis Afrika yang terancam punah ini, anda pasti merasa penasaran dengan penyebabnya.

Adapun faktor utama yang menyebabkan kepunahan tanaman tropis yaitu aktifitas manusia, salah satunya penggundulan hutan. Padahal selama ini kita tahu bahwa hutan menjadi paru-paru dunia yang harus dijaga kelestariannya.

Disamping itu, aktifitas manusia lainnya yang juga mengancam keberadaan tanaman tropis yaitu perubahan penggunaan lahan, pembangunan ekonomi, dan pertumbuhan populasi.

Selain aktivitas manusia, perubahan iklim juga bisa mempengaruhi ancaman kepunahan tanaman tropis. Semakin mengkhawatirkan karena saat ini dunia tengah dilanda iklim ekstrim.

Mengenal Lebih Dekat Jenis Tanaman Tropis Afrika

Setelah anda mengetahui detail informasi mengenai ancaman kepunahan tanaman Afrika, ada baiknya jika anda juga tahu tentang beberapa jenis tanamannya. Berikut ulasannya.

Daun Afrika

Salah satu jenis tanaman tropis yang perlu anda tahu yaitu daun Afrika. Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama Vernonia amygdalina.

Salah satu tanaman tropis dari famili Asteraceae ini memiliki daun yang warnanya hijau gelap. Daun ini rasanya pahit dan mengeluarkan bau khas.

Meski pahit dan bau, namun daun ini sering diolah menjadi sayuran. Tentu saja rasanya berbeda karena melewati proses perebusan terlebih dahulu.

Untuk diketahui, tanaman tropis ini bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 7-10 meter. Dengan tinggi tersebut, daun Afrika memiliki batang tegak dan berkayu.

Bicara mengenai tanaman daun Afrika, akan terasa kurang lengkap jika tak membahas bentuk daunnya. Tanaman ini memiliki daun yang panjangnya 15-25 cm dengan lebar 5-8 cm.

Tanaman Dolar

Jenis tanaman tropis lainnya yang menarik untuk diketahui yaitu tanaman dolar. Tak hanya di Afrika, tanaman dolar juga bisa tumbuh di wilayah beriklim tropis lainnya, termasuk Indonesia.

Tanaman dolar ini memiliki akar serabut dan batang berwarna coklat. Sementara untuk daunnya, tanaman yang tumbuhnya merambat ini memiliki daun yang berbentuk lonjong.

Bentuk daunnya cukup unik karena bagian ujungnya terlihat sedikit meruncing. Daunnya juga tebal karena dimanfaatkan untuk menyimpan cadangan air.

Perlu untuk anda ketahui, tanaman dolar biasa ditemukan sebagai tanaman hias. Tak hanya itu, tanaman dolar juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan.

Jenis tanaman tropis Afrika yang satu ini memang terbukti berkhasiat dalam menyembuhkan diare dan ambeien. Adapun bagian tanaman yang dimanfaatkan yaitu batangnya. (R10/HR-Online)