Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda Haid Tidak Normal Ini Perlu Diwaspadai?

Tanda Haid Tidak Normal Ini Perlu Diwaspadai?

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tanda haid tidak normalĀ ini sering dialami oleh kaum hawa. Banyak sebenarnya tanda-tanda haid tidak normal. Haid yang tidak normal dapat menyebabkan penyakit atau semacam kelainan yang dimiliki oleh beberapa wanita.

Maka Anda harus mengenali tanda-tanda haid tidak normal, agar Anda dapat mengetahui ciri-ciri haid yang tidak normal yang menjadi tanda dari banyak penyakit.

Menstruasi merupakan salah satu siklus yang harus dialami oleh wanita setiap bulan. Siklus ini umumnya terjadi saat wanita menginjak usia 16 tahun. Pada waktu wanita berumur 16 tahun, maka wanita akan mengalami menstruasi.

Normalnya menstruasi terjadi antara 4 hingga 7 hari. Masing-masing orang mempunyai waktu sendiri-sendiri terkait lamanya proses menstruasi yang dialami.

Berikut ini adalah 3 tanda haid tidak normal yang harus diwaspadai oleh wanita.

Siklus Haid

Rata-rata siklus menstruasi yang terjadi pada perempuan yang normal adalah antara 21 – 35 hari. Jika menstruasi telah terjadi lebih dari 31 – 35 hari. Atau dalam jangka waktu kurang dari 2 minggu, antara periode haid pertama dengan periode haid kedua.

Maka, ada kemungkinan darah yang keluar bukan darah yang berasal dari menstruasi. Dan ini termasuk haid tidak normal. Karena haid yang normal memiliki siklus yang pasti dan tidak berubah-ubah.

Jika siklus haid Anda sering tidak normal, maka ada baiknya pergi ke dokter agar dokter bisa memeriksa Anda. Siklus haid yang tidak normal bisa menandakan bahwa Anda memiliki penyakit.

Nyeri dan Sakit Berlebihan

Ketika Anda sering merasakan nyeri yang berlebihan secara tiba-tiba pada perut ketika haid, maka itu menandakan kalau haid Anda tidak normal. Nyeri ketika haid memang adalah sesuatu yang normal.

Namun jika terjadi nyeri hingga mengganggu aktivitas harian bahkan hingga Anda ingin pingsan, maka ini adalah suatu gejala yang tidak normal.

Penyakit seperti gejala yang telah dipaparkan ini adalah dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah suatu kondisi sakit yang berlebihan ketika haid.

Selain itu salah satu gejalanya adalah sakit di punggung bagian bawah dan kaki, terjadi kram pada perut dan rasa sakit pada area tulang panggul.

Selama 3 Bulan Tidak Haid

Kalau Anda tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan berturut-turut, maka bisa jadi Anda mendapatkan kabar baik yaitu mengandung si buah hati. Atau jangan-jangan Anda mengalami amenorrhea, perimenopauseatau menopause.

Amenorrhea bisa terjadi akibat penyakit, kondisi stres yang berlebihan, olahraga yang terlalu berat atau turunnya berat badan yang terlalu drastis. Anda harus segera periksa ke Dokter apabila kondisi seperti ini terjadi pada Anda.

Tanda haid tidak normal yang dijelaskan di atas bisa menjadi petunjuk bagi Anda yang mengalami haid tidak normal. Anda harus segera berobat ke Dokter apabila mengalami tanda-tanda di atas. Karena jika Anda tidak berkonsultasi ke Dokter, maka mungkin akan menyebabkan penyakit yang semakin parah. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -