Tanda Laptop Kena Hack Lengkap Dengan Solusi Terbaik Mengatasinya

Tanda Laptop Kena Hack
Ilustrasi Laptop. Foto: Istimewa

Tanda laptop kena hack seringkali tak disadari pengguna. Tak mengherankan karena sebagian besar pengguna merasa aman saat menjelajah internet.

Perlu untuk diketahui bahwa ada kemungkinan laptop yang anda gunakan diawasi oleh pihak lain tanpa sepengetahuan anda.

Adapun salah satu cara memata-matai kegiatan anda di laptop yaitu dengan memanfaatkan malware yang tersebar di perangkat lunak.

Jika tak segera diatasi, maka semua data pribadi anda bisa dengan mudah diakses dan menggunakannya untuk hal-hal yang bisa merugikan anda.

Tanda Laptop Kena Hack

Apabila anda tak mau merugi karena laptop di-hack, ada baiknya jika anda ketahui apa saja tandanya. Adapun salah satu tanda laptop di-hack yaitu kinerja laptop yang mengalami penurunan.

Malware yang menginfeksi laptop akan membuat kinerjanya lambat. Malware sendiri bisa masuk ke laptop apabila anda sembarangan dalam mendownload program.

Selain menurunkan kinerja laptop, adanya banyak iklan pop-up yang muncul juga menjadi salah satu tanda laptop yang terkena hack.

Perlu dipahami bahwa sejumlah iklan pop-up yang sering muncul tiba-tiba saat pengguna tengah berselancar internet ternyata bisa membawa virus.

Tanda laptop kena hack semakin terlihat apabila baterai lebih cepat habis dari biasanya. Semakin mencurigakan jika anda tak terlalu lama dalam menggunakan laptop tersebut.

Dari permasalahan ini, baterai laptop yang cepat habis bisa menandakan bahwa laptop anda tengah dimanfaatkan untuk cryptomining.

Kegiatan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi ini menggunakan prosesor laptop anda sehingga berdampak pada ketahanan dayanya.

Hack Bisa Kendalikan Akun Medsos Pemilik Laptop

Tanda laptop di-hack selanjutnya yang penting untuk anda kenali yaitu akun sosial media anda yang tiba-tiba mengirimkan ajakan ke akun lain secara otomatis.

Tanda yang satu ini bisa anda tahu apabila ada teman anda yang bertanya. Dari tanda ini, hacker sudah mengendalikan akun sosial media anda.

Bahkan hacker bisa saja membuat profil palsu yang mengatasnamakan anda. Hal ini jelas sangat membahayakan anda. Terlebih jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan melibatkan nama anda.

Selain itu, tanda laptop kena hack juga bisa anda kenali dari kata sandi online yang tak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Meski anda sudah mencoba memasukkan kata sandi yang benar secara berulang kali, namun anda tetap tak bisa mengaksesnya.

Sebenarnya hal semacam ini bisa saja terjadi karena situs mempunyai isu teknis. Anda pun bisa coba memasukkan kata sandi online sekitar 30 menit lagi. Namun jika masih gagal, laptop anda kemungkinan sudah diretas dan diganti kata sandinya.

Solusi Setelah Mengenali Tanda Laptop Kena Hack

Setelah anda mengetahui beberapa tanda laptop yang kena hack, ada baiknya anda juga pahami bagaimana cara mengatasinya.

Adapun salah satu caranya ialah dengan menghapus browser toolbar yang tak dibutuhkan. Jika tak bisa dihapus, anda bisa melihat apakah ada pilihan downgrade versi browser yang anda miliki.

Anda pun bisa langsung menghapusnya dengan mengikuti cara sebagaimana yang biasa dilakukan untuk menghapus antivirus palsu.

Selain itu, pastikan juga anda menghapus pencarian internet yang diarahkan. Caranya sama seperti menghapus browser toolbar sebelumnya.

Dengan melakukan cara ini, maka laptop anda bisa kembali normal seperti sedia kala. Untuk mengecek apakah masih ada konfigurasi pengarahan, anda bisa lihat file C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts.

Copot Pemasangan Sofware

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tanda laptop kena hack yaitu mencopot pemasangan software yang memunculkan pop-up.

Laptop yang kena hack memang akan menginstal software dengan sendirinya tanpa sepengetahuan anda. Oleh karena itu, ketahui sumber pop-up dan setelah tahu software yang memunculkannya, anda bisa langsung hapus.

Perlu untuk anda pahami juga bahwa anda jangan terburu-buru dalam menanggapi pesan tebusan. Hal ini dikarenakan pesan tersebut bisa bersumber dari hacker.

Pesan yang dikirimkan hacker setelah laptop diretas seringkali berisikan himbauan untuk membayar sejumlah uang apabila ingin data laptop kembali.

Namun anda harus berpikir lebih jauh. Ingat kembali apakah anda sudah back-up data sebelumnya. Jika sudah, maka anda hanya perlu format laptop dan kembalikan lagi data penting anda sebagaimana mestinya.

Tanda laptop kena hack memang penting untuk diwaspadai. Pastikan juga untuk segera mengatasinya jika sudah menemukan tanda-tandanya. (R10/HR-Online)