WOW! Ternyata Ini Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

WOW! Ternyata Ini Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Manfaat susu kedelai akhir-akhir ini banyak diperbincangkan di tengah masyarakat. Selain rasanya yang nikmat, mengonsumsi susu kedelai juga mampu mengurangi risiko kolestrol, obesitas, dan kanker.

Susu kedelai mampu pula meningkatkan kesehatan jantung dan mengatasi masalah yang dialami setelah masa menopause dan masih banyak lagi manfaat susu kedelai. Simak ulasan berikut ini.

Anti Oksidan

Susu kedelai memiliki kandungan isoflavone yang dapat memberikan efek antioksidan sehingga, susu kedelai mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Selain itu, susu kedelai juga bisa sebagai pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi di dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Susu kedelai diperkaya dengan kandungan protein, lemak, dan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Manfaat susu kedelai berasal dari isoflavone yang terkandung di dalamnya. Kandungan isoflavone yang terkandung pada susu kedelai mampu memberikan manfaat terhadap peningkatan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam amino dan isoflavone yang ada pada susu kedelai sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Sehingga, mampu menurunkan tekanan darah. Konsumsi susu kedelai selain memberikan efek yang baik bagi tekanan darah juga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat susu kedelai bagi wanita post menopause mampu meningkatkan kalsium yang membantu mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu pada usia menopause sangat di anjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi susu kedelai. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah-masalah tersebut.

Mencegah Obesitas dan Menurunkan Kolestrol

Setelah masa menopause sangat rawan terjadi obesitas. Untuk itu, Anda harus rutin minum susu kedelai untuk mencegahnya. Kandungan isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang mampu menghambat adipogenesis untuk menurunkan pelebaran jaringan lemak.

Hal itu mampu menurunkan kadar LDL kolestrol dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Anti Karsinogenik

Konsumsi susu kedelai secara rutin dipercaya mampu memberikan manfaat seperti bagi para pria dapat menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang mengatakan bahwa risiko kanker prostat dapat diturunkan dengan mengonsumsi susu kedelai.

Selain itu kanker payudara yang masih berhubungan dengan kadar esterogen juga dapat dicegah dengan konsumsi susu kedelai.

Mengurangi Gejala Post-menopause

Beberapa riset menemukan bahwa kandungan isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar esterogen pada wanita menopause. Pada masa menopause system imun dapat tertekan karena efek penuaan dan berkurangnya esterogen.

Dengan konsumsi susu kedelai mampu membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita yang sedang menjalani masa tersebut.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai bagi tubuh, terutama bagi Anda yang sudah menginjak masa menopause. Susu kedelai sangat bermanfaat bagi Anda. Karena beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...
Loading...