Uji Coba Instagram Dengan Menyembunyikan Fitur Like

Uji Coba Instagram
Ilustrasi Instagram. Foto: Istimewa

Uji coba Instagram kini tengah dilakukan. Uji coba ini berhubungan erat dengan fitur like. Dimana uji coba bertujuan untuk menyembunyikan fitur tersebut.

Instagram merupakan aplikasi sosial media yang juga memiliki banyak peminat. Hal ini dibuktikan dari banyaknya orang yang telah memiliki akun Instagram.

Pengguna Instagram tidak dibatasi untuk kalangan tertentu sehingga semua orang bisa menggunakan Instagram.

Uji Coba Instagram Dengan Eksperimen Menyembunyikan Fitur Like

Instagram hadir hampir sama dengan Facebook, namun Instagram lebih modis. Terkadang kontak di Facebook bisa dihubungkan dengan Instagram.

Banyak fitur yang disediakan oleh Instagram. Beberapa diantaranya adalah fitur komentar yang dapat digunakan untuk memberikan komentar.

Lalu fitur direct message yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan. Fitur tersebut biasanya lebih dikenal dengan DM.

Anda bisa mengirimkan pesan ke siapapun dengan fitur ini. Meskipun anda tidak memiliki kontaknya, namun anda bisa mencari akun Instagramnya.

Fitur yang selanjutnya adalah like. Hal ini yang akan menjadi perhatian dalam uji coba Instagram kali ini. Fitur ini digunakan untuk melakukan like atau sebagai tanda bahwa anda menyukai sebuah postingan.

Apabila anda menyukai sebuah postingan dari akun lain, maka anda bisa menekan gambar hati. Gambar tersebut terletak di bagian bawah postingan.

Begitupun sebaliknya, anda bisa mengetahui jumlah orang yang menyukai postingan anda melalui fitur like tersebut. Namun kini muncul sebuah kabar baru bahwa Instagram akan menyembunyikan fitur like.

Sebenarnya pihak Instagram sudah melakukan hal tersebut di beberapa negara maju. Beberapa negara tersebut adalah Italia, Selandia Baru, dan Australia, serta Amerika Serikat.

Lalu uji coba Instagram akan dilakukan untuk pengguna Indonesia? Uji coba atau eksperimen dari pihak Instagram ini dilakukan secara global.

Artinya, semua pengguna Instagram di Indonesia akan merasakan hal tersebut. Namun perubahan ini tidak dirasakan sekaligus, sebab uji coba ini dilakukan secara acak.

Uji coba Instagram ini akan terasa jika anda mendapat sebuah pesan atau notifikasi. Sudah pastinya pesan tersebut dari pihak Instagram. Jika anda mendapatkan pesan tersebut, maka anda termasuk pengguna yang beruntung.

Dilansir dari pihak Instagram mengatakan bahwa pesan tersebut berisi sebuah informasi. Informasi tersebut berkaitan dengan perubahan pada fitur like.

Seperti yang diketahui bahwa fitur like digunakan untuk mengetahui jumlah orang yang menyukai postingan anda. Apabila anda terkena dampak kebijakan ini, maka fitur like anda akan disembunyikan.

Perubahan yang terjadi akibat uji coba ini akan dilakukan secara otomatis. Artinya, perubahan ini tidak bisa diatur sendiri oleh beberapa pengguna yang terpilih.

Alasan Uji Coba Instagram Mengenai Fitur Like yang Disembunyikan

Ada sebuah alasan mengapa pihak Instagram mengeluarkan perubahan ini. Hal ini membuat para pemilik akun Instagram bertanya-tanya mengapa fitur like disembunyikan.

Di dalam pesan atau notifikasi yang sempat dikirimkan untuk beberapa pengguna telah termuat sebuah informasi.

Informasi tersebut menjelaskan bahwa pihak Instagram ingin pengguna lebih fokus kepada konten yang akan dibagikan.

Terkadang fitur like tersebut digunakan sebagai sebuah persaingan. Beberapa konten yang diunggah akan mendapat like tertentu. Lalu hal tersebut akan dibandingkan dengan konten lainnya.

Sehingga adu like ini membuat konten yang diunggah semakin tidak bermanfaat. Artinya konten yang diunggah hanya untuk mendpatkan like saja.

Alasan pihak Instagram dalam menyembunyikan fitur like ini ada benarnya juga. Hal ini juga akan mengurangi komparasi sosial di Indonesia.

Dampak dari uji coba Instagram ini adalah pengguna tidak bisa mengetahui jumlah like yang didapat sehingga pengguna akan lebih fokus terhadap konten yang akan dibagikan.

Pengguna yang lebih fokus pada konten akan membawa pengaruh baik. Sehingga tidak akan muncul yang namanya kompetisi like di kalangan pengguna Instagram.

Namun anda perlu mengetahui bahwa fitur like ini tidak sepenuhnya hilang. Hanya saja disembunyikan oleh pihak Instagram.

Fitur like milik akun sendiri masih bisa dilihat dengan cara tertentu. Angka atau jumlah like yang anda dapat hanya disembunyikan dari publik.

Pengguna akun Instagram masih bisa melihat banyaknya jumlah like. Caranya adalah mengetuk daftar like yang terdapat di bagian bawah.

Uji coba Instagram ini memang memiliki alasan khusus. Alasan tersebut tentunya untuk membuat pengguna Instagram lebih nyaman dengan konten yang dibuat. (R10/HR-Online)

Loading...