Viral Video Bunuh Diri Diisukan di Pamarican Ciamis, Ini Faktanya

Video Bunuh Diri
Tangkapan layar video bunuh diri yang diisukan terjadi di Pamarican, Kabupaten Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Video bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pemuda viral di Facebook sejak Sabtu, 2 November 2019 lalu. Pada video tersebut tersemat keterangan terjadi di Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Dalam video terlihat seorang pemuda memakai hoodie abu, celana jeans, dan sepatu kets tergantung di sebuah pohon di areal pesawahan.

Suara yang terdengar di video tersebut menyebutkan, pemuda bunuh diri lantaran putus cinta. Percakapan dalam video terdengar menggunakan bahasa Sunda.

HR Online juga mendapatkan video bunuh diri yang sama melalui pesan WhatsApp. Beberapa orang bahkan memasangnya di status WA mereka.

Beberapa menyebutkan peristiwa bunuh diri itu terjadi di Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Sementara ada juga yang menyebutkannya di daerah Sumedang, Jawa Barat.

Sempat Viral di YouTube

Video bunuh diri yang awalnya diisukan terjadi di Pamarican tersebut makin menyebar, bahkan sampai ada yang mengunggahnya di YouTube.

Hanya saja, ketika berita ini dibuat, Minggu (10/11/2019), videonya telah di-take down oleh pihak YouTube dengan alasan melanggar ketentuan YouTube.

Namun, pada thumbnailnya terlihat pemuda dengan pakaian persis sama sedang menghadiri pernikahan seorang wanita. Si pemuda tampak menangis dan dipeluk pengantin wanita.

Hanya saja ketika diperhatikan dengan seksama, pemuda dalam video pernikahan itu tidak memakai sepatu. Sementara pengantinnya juga mengenakan pakaian adat Aceh. Hal ini tentu berbeda dengan video bunuh diri yang viral itu, dimana terdengar percakapan dalam bahasa Sunda.

Beberapa komentar di laman YouTube menyebutkan, video bunuh diri itu terjadi di Provinsi Aceh. Namun akun lain menyebut kejadian itu terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lantaran diisukan terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis, HR Online berusaha mengonfirmasi video bunuh diri tersebut kepada pihak Kepolisian.

Kanit Intelkam Polsek Pamarican, Bripka Khotim, saat dihubungi HR Online, mengaku tidak menerima laporan terkait adanya peristiwa bunuh diri di wilayahnya.

“Tidak ada laporan bunuh diri, kemungkinan bukan di Ciamis,” katanya.

Video Bunuh Diri Terjadi di Sumedang

Penelusuran HR Online akhirnya menemukan titik terang. Peristiwa bunuh diri yang terekam di video itu ternyata terjadi di Kabupaten Sumedang.  Tepatnya, di Dusun Cikalama, RT 02, RW 10, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Identitas pelaku bunuh diri dalam video tersebut diketahui berinisial RU (30) yang merupakan warga Kampung Bojong Bubu, RT 02, RW 10, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

Saat ditemukan warga pukul 07.00 WIB, RU sudah tergantung di sebuah pohon mangga, Sabtu (2/11/2019) lalu.

Kepolisian setempat menyatakan tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh RU. Hanya saja saat ditemukan, tangan RU mengepal, sementara dari mulutnya keluar air liur. Selain itu, lidahnya juga menjulur dan tergigit, sedangkan posisi kepalanya menekuk ke kiri. (Suherman/R7/HR-Online)

Loading...