Wajah Terlalu Berminyak saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

Wajah terlalu berminyak saat bangun tidur.
Penyebab wajah terlalu berminyak saat bangun tidur. Photo : Ilustrasi.

Wajah terlalu berminyak saat bangun tidur padahal kamu tidak melakukan aktivitas apa-apa di malam hari, cuma berbaring saja semalaman. Memang ada beberapa hal yang menjadi penyebab wajah terlalu berminyak saat bangun tidur.

Selain faktor dari kondisi di dalam tubuh kamu, penyebab kulit wajah penuh minyak ketika bangun tidur bisa juga diakibatkan oleh produk kecantikan yang kamu pakai, atau dipengaruhi faktor genetik.

Namun, wajah terlalu berminyak saat bangun tidur hanya dialami oleh sebagian orang saja, karena ada pula beberapa orang yang kondisi tubuhnya memiliki produksi minyak tidak terlalu berlebih saat malam hari.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019), berikut ini penjelasan mengenai faktor penyebab kulit wajah terlalu berminyak ketika bangun tidur.

Kondisi Hormon

Kulit wajah tampak mengkilap penuh minyak ketika bangun tidur bisa jadi akibat kadar hormon dalam tubuh meningkat saat malam hari. Dengan begitu, kelenjar minyak yang ada pada kulit memproduksi minyak secara berlebih yang dipicu oleh rangsangan hormon.

Secara alami minyak akan diproduksi setiap waktu agar kulit tidak mengalami kekeringan serta mencegah terjadinya infeksi bakteri. Sehingga, ketika tidur terjadi adanya perubahan kadar hormon. Hal ini memicu kadar minyak yang diproduksi menjadi berlebihan.

Selain itu, cuaca lembap, siklus menstruasi dan stres juga bisa menjadi faktor yang memengaruhi keluarnya minyak di kulit terlalu banyak saat malam hari.   

Seorang dermatologist, Josua Ziechner, MD., mengatakan, kondisi cuaca yang terlalu hangat dan lembap bisa membuat produksi minyak menjadi lebih meningkat.

Begitu pula ketika menstruasi, kadar hormon dalam tubuh akan meningkat dan memicu terjadinya produktifitas kelenjar minyak yang membuat wajah terlalu berminyak saat bangun tidur, termasuk malam hari.

Kulit Terlalu Kering

Kondisi kulit yang terlalu kering saat malam hari juga bisa menjadi penyebab banyaknya minyak di wajah ketika bangun tidur. Dalam semalam minyak akan diproduksi agar kondisi kulit tidak semakin kering.

Selain itu, penyebab kulit yang kering juga bisa diakibatkan oleh faktor cuaca, makanan, dan make-up. Kulit yang terlalu kering maka secara otomatis kelenjar akan menciptakan minyak berlebih untuk mengganti air yang hilang.

Untuk itu, sebelum tidur pastikan dulu kulit kamu tidak dalam kondisi kering agar kulit wajah tidak penuh minyak ketika bangun tidur.

Membersihkan Wajah Secara Berlebihan

Penyebab wajah terlalu berminyak saat bangun tidur juga bisa dipicu akibat terlalu sering membersihkan kulit wajah. Padahal, terlalu sering mencuci wajah dapat memicu kulit menjadi sering berminyak, meskipun membersihkan wajah itu tujuannya menghilangkan minyak, tetapi hal itu akan membuang banyak minyak di kulit.

Ketika hal itu terjadi, kelenjar minyak bakal mendeteksi kulit menjadi kekurangan minyak, dengan begitu minyak akan diproduksi berlebih. Jadi sebaiknya sebelum kamu tidur jangan mencuci muka secara berlebihan, cukup satu kali saja cuci muka. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...