Walikota Banjar; Kepala Desa Harus Bertindak Cepat, Tepat, dan Benar

Walikota Banjar; Kepala Desa Harus Bertindak Cepat
Pelantikan dan penandatanganan sumpah jabatan Kepala Desa Mekarharja, Kota Banjar, di Aula Gedung Olahraga Desa Raharja, Senin (25/11/2019). Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Salah satu kepala desa hasil Pilkades tahun 2019 Kota Banjar, Jawa Barat, dilantik Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih di Aula Gedung Olahraga Desa Raharja, Senin (25/11/2019).

Pelantikan tersebut dilakukan untuk Kepala Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja periode 2019-2025, setelah sebelumnya masa periode Kepala Desa Raharja Pergantian Antar Waktu telah berakhir.

Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, mengingatkan, dalam setiap pengambilan kebijakan kepala desa harus bertindak cepat, tepat, dan benar, serta mengutamakan program yang menunjang kesejahteraan masyarakat.

Untuk menunjang itu harus dibantu oleh semua sektor desa, bekerja sama sesuai tanggung jawab masing-masing.

“Jangan sia-siakan kepercayaan masyarakat apalagi disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Ini bentuk pengorbanan dan pengabdian untuk desa yang lebih baik,” kata Ade Uu Sukaesih.

Sementara Yayat Ruhiyat, kepala desa terpilih mengatakan, nantinya akan berusaha menjalankan tugas dengan semaksimal mungkin, serta menjalankan aturan yang ada.

Selain itu, lanjut Yayat, secepatnya melakukan koordinasi agar program-program yang ada bisa segera direalisasikan.

“Terpenting kita menjalankan sesuai aturan dan bersinergi dengan semua pihak untuk melaksanakan program-program pembangunan yang ada di Desa Raharja,” katanya.

Diberitakan HR sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (PMPDKBPol) Kota Banjar, H. Sahudi, mengungkapkan, 11 kades terpilih dari hasil Pilkades Serentak tanggal 31 Oktober 2019 lalu, akan dilantik secara bertahap, disesuaikan dengan habis masa jabatan kades sebelumnya.

“Jadi, pelantikan 11 kades hasil dari Pilkades lalu, pelantikannya tidak bersamaan. Tentunya atas arahan pemangku kebijakan, dalam hal ini Walikota Banjar yang akan melakukan pelantikannya. Yang jelas, tahapan pelantikan kades terpilih sedang dipersiapkan agendanya,” kata Sahudi, kepada Koran HR, Senin (18/11/2019).

Sedangkan, untuk pelantikan kades lainnya diagendakan bulan Desember 2019, dan untuk Kades Mekarharja rencananya akan dilantik bulan Maret 2020. Namun, untuk tanggalnya belum ditetapkan. (Muhlisin/R5/HR-Online)