Warga Kota Banjar Ini Akhirnya Dapat Bantuan Program Baznas

Bantuan Program Baznas Kota banjar
2. Kelurahan Banjar bersama pihak RW setempat saat melakukan koordinasi untuk pemberian bantuan rehab rumah milik Aripin. Foto:Muhlisin/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Aripin (25), warga kurang mampu di Lingkunagn Parunglesang, RT. 1, RW. 7, Kelurahan Banjar, Kecamatan/Kota Banjar mendapatkan bantuan program Baznas lantaran ia merasa resah karena rumah yang ia tempati mulai lapuk dan sebagian dinding rumahnya pun nampak berlubang. Beberapa bagian ia tambal menggunakan papan agar angin tidak mudah masuk.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia mengandalkan upah dari hasil kerjanya sebagai buruh harian lepas. Aripin mengaku ingin memperbaiki rumahnya, namun uang hasil kerjanya belum sepenuhnya mampu untuk membeli material bangunan rumah. Hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

“Inginya rumah diperbaiki. Kalau biaya untuk tukang mah sudah ada, cuma untuk beli materialnya masih kurang,” kata Aripin, kepada Koran HR, Senin (11/11/2019).

Ia juga menjelaskan, sebelumnya sudah ada pendataan program bantuan perbaikan rumah dan sudah diusulkan oleh pihak kelurahan. Setelah menunggu sekitar 1 tahunan, kini usulan untuk perbaikan rumahnya pun sudah direalisasikan.

Sementara itu, Lurah Banjar, Irfan Fauzi, menjelaskan, bahwa rumah milik warganya tersebut sudah diusulkan dan saat ini sudah tercover mendapatkan bantuan. Hanya saja mungkin karena banyak yang mengajukan ke pihak Baznas, jadi harus menunggu.

“Baznas tadi sudah survei ke lokasi dan sudah dibantu. Tadi juga sudah koordinasi dengan pihak RW setempat, dan nanti untuk pengerjaannya akan ada gotong-royong bersama warga,” terangnya, kepada Koran HR.

Irfan juga menyebutkan, untuk tahun ini, total rumah di wilayah Kelurahan Banjar yang mendapatkan program bantuan perbaikan jumlahnya mencapai 145 rumah, dan usulannya sudah dimusyawarahkan melalui musrenbang kelurahan.

Sementara itu, Roni, Ketua RW di lingkungan setempat, menambahkan, untuk bantuan perbaikan rumah kepada warga, terlebih dahulu dirinya selalu mengadakan pendataan, termasuk mengkonfirmasi kesanggupan dari pihak yang akan dibantu.

“Itu sudah diajukan dan tiap ada program bantuan pun saya data warga untuk diusulkan. Ketika sudah mendapat bantuan, saya juga dapat laporan konfirmasi,” imbuhnya. (Muhlisin/Koran HR)

Loading...