Waspadai Dampaknya! Bahaya Makan Buah Berlebihan

Waspadai Dampaknya! Bahaya Makan Buah Berlebihan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Memakan buah-buahan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain sebagai sumber nutrisi, buah juga berfungsi sebagai antioksidan. Namun memakan buah-buahan dapat berbahaya jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Maka, untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda harus tahu apa sajakah bahaya makan buah berlebihan. Mari simak ulasannya.

Mengalami Gangguan Pencernaan

Buah yang kita konsumsi pastinya mengandung zat asam. Misalnya buah jeruk atau buah yang mengandung serat tinggi. Jika mengkonsumsinya pada jumlah yang banyak, dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Seperti rasa kram pada perut, produksi gas berlebihan, bahkan dapat menyebabkan diare.

Sebaliknya, jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup, maka serat dan cairan yang terdapat pada buah memiliki manfaat untuk pencernaan.

Terlalu Banyak Fruktosa

Fruktosa yang terdapat pada buah dapat dipecah oleh sel-sel organ di hati. Reaksi pemecahan fruktosa ini bisa menghasilkan lemak yang berlebih, asam urat maupun radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.

Beberapa jenis dan macam buah-buahan yang tinggi akan gula fruktosa, mengakibatkan lonjakan kadar insulin. Akan tetapi tubuh memerlukan waktu serta proses yang sulit pada saat pembakaran lemak.

Jenis buah yang tinggi akan gulanya meliputi buah apel, leci, kelengkeng, pisang, dan mangga. Sedangkan buah rendah gula meliputi strawberry, lemon, melon, dan blackberry.

Tubuh Akan Kekurangan Gizi

Memakan buah bukanlah sesuatu yang dapat mencakup gizi lengkap. Bahaya makan buah berlebihan dapat membuat Anda lebih mudah kenyang, karena buah memiliki kandungan serat yang tinggi.

Maka dalam hal ini, akan berdampak kurangnya asupan gizi lain yang penting bagi tubuh, seperti protein hewani, lemak baik maupun nabati.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan secara seimbang, sehingga asupan gizi dalam tubuh lengkap. Dan juga terhindar dari gangguan serta penyakit pada fungsi organ maupun metabolisme tubuh.

Kelebihan Karbohidrat

Karbohidrat memang ada baiknya untuk dikurangi. Namun tahukah Anda kalau buah mengandung karbohidrat yang berbentuk gula. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsinya, malah justru akan menjadi lemak jahat yang mengakibatkan kegemukan pada tubuh atau obesitas.

Alangkah baiknya jika Anda dapat mengkombinasikan buah-buahan yang tidak begitu manis dengan buah yang manis, sehingga karbohidrat seimbang dan tidak berlebih. Itulah sebabnya jika mengkonsumsi buah-buahan secara berlebihan dapat berdampak pada tubuh. Maka disarankan untuk memilki takaran yang berkecukupan untuk memakan buah-buahan.

Walaupun buah-buahan mempunyai kandungan karbohidrat tinggi, namun buah mengandung asam lemak esensial dan asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Zat gizi esensial biasa ditemukan pada kacang, daging dan biji-bijian.

Pada prinsipnya, mencegah bahaya makan buah berlebihan dapat dilakukan dengan kebutuhan konsumsi sesuai porsinya. Mulailah hidup sehat dari sekarang, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...