Wow! Ternyata Ini Lho Khasiat Konsumsi Gula Merah

Wow! Ternyata Ini Lho Khasiat Konsumsi Gula Merah

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Khasiat Konsumsi Gula Merah. Gula merah atau gula jawa merupakan gula khas dari Indonesia. Gula ini hanya diproduksi di Indonesia melalui pengolahan nira. Gula merah juga biasa digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman.

Walaupun penggunaan gula merah hingga kini masih kurang populer. Namun gula ini ternyata memiliki  banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat konsumsi gula merah.

Mengatasi Anemia

Bagi para cewek yang berada di masa subur, sangat rentan mengalami anemia. Sehingga, dampaknya tubuh Anda menjadi mudah letih, gak bersemangat dan tampak pucat.

Namun, tak perlu khawatir karena dengan mengkonsumsi gula merah setiap hari secara rutin dapat membantu mengatasi anemia. Sebab gula merah kaya akan kandungan zat besi yang dibutuhkan dalam darah.

Mengatasi Batuk dan Demam

Bagi Anda yang sedang batuk ataupun demam, gula merah bisa menjadi obat tradisional bagi Anda. Sebab gula merah memiliki sifat mendinginkan, sehingga mampu menekan dahak, terutama untuk jenis batuk yang kering.

Cara mengkonsumsinya, bisa dengan mencampurkan gula merah pada minuman teh hangat. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi gula merah secara rutin untuk meredakan batuk.

Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi, hal yang sangat wajar terjadi yakni rasa nyeri yang membuat Anda menjadi tidak nyaman beraktivitas. Oleh sebab itu, Anda pasti mencari obat penawar untuk meredakan rasa nyeri tersebut.

Gula merah bisa menjadi solusi karena memiliki efek menenangkan organ kewanitaan serta mencegah darah menggumpal.

Membersihkan Darah

Khasiat konsumsi  gula merah, apabila dikonsumsi secara rutin, salah satunya dapat membersihkan darah. Hal ini disebabkan karena gula merah kaya akan kandungan zat besi yang merupakan salah satu unsur pembentuk hemogoblin.

Yakni protein yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan pH darah serta proses peredaran oksigen dan karbondioksida tubuh.

Mengatasi Jerawat

Gula merah ternyata juga bisa memberi khasiat pada kecantikan, terutama bagi Anda yang memiliki masalah wajah seperti jerawat. Gula merah dapat mengatasi jerawat membandel karena memiliki sifat anti peradangan dan anti alergi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara penggunaannya bisa dengan mencampurkannya dalam minuman atau bisa pula dijadikan  sebagai masker.

Mencegah Asma Kambuh

Penyakit asma biasanya kambuh pada saat udara dingin. Oleh karena itu, untuk mencegah kekambuhannya, Anda bisa minum teh atau jahe hangat dengan campuran gula merah.

Sebab gula merah memiliki khasiat mampu menstabilkan suhu tubuh dan mengatasi gejala sesak napas. Sehingga gula merah sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan seperti asma.

Itulah beberapa khasiat konsumsi gula merah bagi kesehatan tubuh dan wajah. Meskipun diolah dengan cara yang tradisional, ternyata gula merah menyimpan banyak manfaat. Untuk itu, Anda bisa mencobanya dengan mengganti gula putih yang biasa Anda konsumsi dengan gula merah. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...