Wujudkan Layanan Digital, Bumdes di Kota Banjar Ini Luncurkan Aplikasi Gondes

Aplikasi Gondes BUMDes
Sebagian anggota Bumdes Mekarpratama Desa Mekarharja saat launching layanan aplikasi Gondes. Foto:Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka meningkatkan pemasaran produk di bidang UMKM, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekarpratama, Desa Mekarharja, Kota Banjar, Jawa Barat, meluncurkan layanan aplikasi Gondes di Kantor Bumdes Desa Mekarharja, Rabu (6/11/2019).

Direktur Bumdes Mekarpratama, Angga Duriat, mengatakan, aplikasi tersebut hasil karya tim IT para anggota Bumdes dengan konten di dalamnya berupa barang-barang produk UMKM yang diperjualbelikan.

Saat ini, kata Angga, program Gondes sudah mulai berjalan dan pembentukan tim pengiriman barang sudah disiapkan.

“Jadi, Aplikasi Gondes itu singkatan dari Go Online Desa. Sekarang untuk pemasaran kita sudah memakai layanan e-commerce menggunakan transaksi berbasis aplikasi,” tutur Angga kepada HR Online.

Adapun tujuan penggunaan aplikasi Gondes, kata Angga, untuk membantu memasarkan produk UMKM masyarakat sekitar. Beberapa produk UMKM yang sudah dipasarkan di antaranya produk kesenian wayang kulit, lukisan, dan produk makanan olahan.

“Intinya untuk menyambungkan agar warga itu mudah dalam melakukan transaksi penjualan. Tadi juga kita kirim wayang kulit ke Semarang. Rencananya dalam waktu dekat juga akan diadakan Launching sepeda motor listrik kerjasama dengan distributor pemasaran wilayah Kota Banjar,” pungkas Angga.

Sementara itu, Dori (40), Tim IT aplikasi Gondes, menambahkan, sekarang masyarakat sudah mulai beralih dari transaksi konvensional ke digital sehingga BUMDes juga harus menyesuaikan.

Aplikasi ini, kata Dori, sudah diluncurkan dan bisa didownload secara gratis di Play Store dan kontenya pun sudah bisa diakses.

“Untuk harga melalui Aplikasi Gondes ini, kita siap bersaing dengan toko dan tim pelayanan juga sudah disiapkan. Intinya untuk memudahkan market,” imbuhnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)

Loading...