Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita Ciamis11 Desa di Ciamis Dapat Bantuan Mobil 'Transformer' Maskara, Apa Saja Isinya?

11 Desa di Ciamis Dapat Bantuan Mobil ‘Transformer’ Maskara, Apa Saja Isinya?

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 11 desa di Kabupaten Ciamis mendapatkan mobil ‘Maskara’ dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin (23/12/2019).

Mobil Maskara atau mobil Aspirasi Kampung Juara yang diberikan kepada 11 desa di Ciamis tersebut memiliki berbagai fungsi. Mobil ini bisa digunakan untuk mengangkut orang sakit, juga bisa dijadikan sarana hiburan dan sosialisasi berbagai program pemerintah.

Mobil ini dilengkapi sound system dan juga genset yang bisa digunakan untuk kepentingan warga desa. Saking lengkapnya fasilitas dalam mobil ini, bahkan ada yang menyebutnya dengan Mobil Transformer.

Adapun 11 desa yang menerima mobil Maskara adalah Desa Pawindan Kecamatan Ciamis, Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing, Desa Saguling dan Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg, Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku, Desa Panjalu Kecamatan Panjalu, Desa Darmaraja Kecamatan Lumbung , Desa Rancah Kecamatan Rancah, Desa Kaso Kecamatan Tambaksari, Desa Pamarican Kecamatan Pamarican, dan Desa Sidaharja Kecamatan Lakbok.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berpesan kepada 11 desa yang menerima mobil bantuan Pemprov Jawa Barat tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Suatu kebanggaan bagi kami, pemerintah daerah bisa mendapatkan bantuan mobil Maskara dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kebetulan desa yang mendapatkan bantuan ini kategori desa mandiri,” terang Herdiat usai memimpin upacara Hari Kesetiakawanan Sosial, Hari Ibu dan Bela Negara tingkat kabupaten di Taman Lokasana Ciamis, Senin (23/12/2019).

Herdiat menerangkan mobil tersebut sudah dilengkapi fitur-fitur canggih untuk menunjang kegiatan Desa.

“Di dalamnya sudah ada sound system, genset dan yang lainnya. Pokoknya untuk menujang pelayanan kepada masyarakat bisa terpenuhi, termasuk untuk melakukan sosialisasi program yang ada di desa kepada masyarakat,” katanya.

Herdiat berharap desa penerima mobil Maskara ini bisa memanfaatkan mobil tersebut sebaik-baiknya untuk memberi pelayanan kepada masyakarakat Desa.

Desa Penerima Mobil Maskara Jadi Contoh Bagi Desa Lain

Sementara Sekdis DPMPD Kabupaten Ciamis, Dian Budiana menerangkan desa yang mendapatkan mobil bantuan dari Pemrpov Jawa Barat tersebut, merupakan desa mandiri beprestasi yang bisa jadi contoh untuk desa-desa lainnya di Ciamis.

“Setelah mendapat bantuan mobil Maskara dari provinsi, kami berharap desa bisa lebih cepat menjalankan program-programnya. Bahkan harus jadi contoh untuk desa lain yang tidak mendapatkannya,” katanya. (Fahmi/R7/HR-Online)