2020 Pangandaran Lebih Cantik, Bupati: Jangan Jadi Penonton, Jadilah Tuan di Rumah Sendiri

pangandaran lebih cantik
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, usai membuka pelatihan di BDC Pangandaran, Rabu (11/12/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pada tahun 2020, Kabupaten Pangandaran akan lebih cantik. Karena itu, dia mengajak masyarakat agar tidak hanya jadi penonton, namun ikut ambil bagian dalam Pariwisata Pangandaran.

Jeje menegaskan, fokus pembangunan Pangandaran saat ini masih mendahulukan pembangunan infrastruktur yang ditargetkan selesai tahun 2019.

“Kita akan mengutamakan pembangunan fasilitas umum di Pangandaran terlebih dulu, seperti pasar yang merupakan tempat aktivitas ekonomi masyarakat, terus pantai sedang ditata hampir selesai,” ujar Jeje usai membuka Pelatihan di Business Development Centre (BDC) Pangandaran, Rabu (11/12/2019).

Selain itu, Jeje menuturkan, Pemkab Pangandaran telah mengeluarkan 4 kebijakan, diantaranya masalah pendidikan.

“Pada tahun ini, selain menggratiskan sekolah SD, SMP, SMA juga memberikan bantuan kepada mahasiswa UNPAD Pangandaran dengan mensubsidi biaya kuliah 50 persen,” terang Jeje.

Sementara untuk bidang kesehatan, selain pengobatan gratis dan pembangunan Puskesmas, juga dibangunnya RSUD yang diharapkan selesai tahun ini.

“Untuk penataan kawasan wisata, pemerintah menganggarkan 80 Miliar untuk menata kawasan Pantai Barat dan Timur Pangandaran serta Pantai Karapyak dan Batu Hiu,” ungkapnya.

Jeje berjanji, pada 2020 nanti, Pangandaran akan berubah lebih cantik dan kunjungan wisatawan pasti meningkat.

“Setelah itu berlanjut ke peningkatan ekonomi secara menyeluruh kita sebagai masyarakat Pangandaran harus siap bersaing, tidak boleh jadi penonton, harus jadi tuan di rumah sendiri,” katanya.

Karena itu, lanjut Jeje, sebagai persiapan maka diadakan pelatihan di Business Development Centre (BDC) tersebut.

“Kita akan genjot dan kita dorong program peningkatan pemberdayaan seperti ini,” katanya.

Jeje juga mengajak seluruh masyarakat Pangandaran agar ikut ambil bagian, terutama untuk menjaga dan meningkatkan perekonomian Pangandaran.

Sementara itu, Teddy Sanjaya selaku komite BDC Pangandaran, mengatakan tujuan Pelatihan yang diikuti 60 peserta itu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Diharapkan semua KSM di Kabupaten Pangandaran mendapatkan manfaat dari kegiatan vokasional ini dengan mendapatkan skill peningkatan produk, kualitas produk, dan menghasilkan omzet penjualan,” jelasnya. (Entang/R7/HR-Online)

Loading...