25 UMKM Kota Banjar Ikuti Wisuda UMKM Juara

UMKM Juara Jabar
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 25 UMKM Kota Banjar mengikuti Wisuda UMKM Juara dan Pameran Produk UMKM Juara Tahun 2019 tingkat Provinsi, di Harris Hotel Convention Center Festival Citylink Bandung, Jumat-Minggu (29-30/11 – 01/12/2019).

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kota Banjar, H. Saeffudin, mengucapkan terima kasihnya atas raihan para UMKM Kota Banjar yang telah mampu menunjukkan kemampuan inovasi produknya, sehingga mendapatkan predikat sebagai UMKM terbaik.

“Semoga UMKM Kota Banjar semakin dikenal. Bukan hanya di daerahnya sendiri, tapi di tingkat regional dan nasional, bahkan bisa sampai internasional,” ucap Saeffudin, kepada Koran HR, Senin (02/12/2019).

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas KUKMP Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti, menjelaskan, dari sebanyak 25 UMKM Juara asal Kota Banjar yang telah mengikuti wisuda tersebut, sebagian diantaranya mendapat predikat UMKM terbaik berdasarkan penilaian Pemprov Jabar melalui Dinas Koperasi dan UKM.

“Predikat UMKM terbaik Kota Banjar tersebut diraih oleh GG Bakery, Seblak Dhero Dede Rohimah, dan HQ Group. Produk UKM tersebut termasuk yang mendapatkan fasilitasi pameran tingkat provinsi,” terangnya.

Sebelumnya juga ada UKM yang telah terfasilitasi dan berhak mengikuti pameran di Banjarmasin, yakni produk HQ Kripik Pisang Kapas dari Owner Teten Suryadi.

“Selanjutnya, sebanyak 2.500 UMKM dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat yang mengikuti program UMKM Juara sejak enam bulan sebelumnya, terpilihlah 6 UMKM terbaik dan salah satunya UMKM asal Kota Banjar, yaitu H. Pipit, pemilik Hijra Bordir,” kata Neneng.

Atas raihan tersebut, pemilik Hijra Bordir asal Kota Banjar berhak mengikuti pameran Internasional di Malaysia yang akan digelar pada bulan Desember ini. Selain itu, diberikan pula penghargaan kepada pendamping UMKM Juara terbaik tingkat Provinsi Jabar, yakni atas nama Wawat.

Penyerahan semua penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Menteri, Prof Ruli Irawan, mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, pada saat Pameran Produk UMKM Juara Tahun 2019 tingkat Provinsi di Bandung kemarin.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Menteri, Prof Ruli Irawan, sangat mengapresiasi atas inovasi para pelaku UMKM Jabar, sehingga ke depannya bisa bersaing lebih sehat dan didukung strategi pemasaran yang berbasis teknologi informasi.

Kepala Seksi UMKM Dinas KUKMP Kota Banjar, Hendra Gunawan, menambahkan, pihaknya sangat mensyukuri atas raihan UKM Kota Banjar. Diharapkan dengan geliat usaha para UMKM ini bisa menopang peningkatan ekonomi Kota Banjar.

“Selain itu tentunya juga dijadikan motivasi UMKM Kota Banjar untuk semakin kreatif, inovatif, mandiri dan keren dalam upaya terus mengembangkan usahanya,” imbuh Hendra.

Sementara itu, Teten Suryadi, Owner produk HQ Group yang merupakan salah satu UKM terbaik, mengaku bahwa, program UMKM Juara yang dicanangkan Provinsi Jabar yang diikutinya sangat bermanfaat, dan mendukung dalam pengembangan usahanya.

“Program yang sangat bagus dalam mendukung UMKM, baik dari segi pengembangan produk, pengembangan jaringan pemasaran, dan lainnya. Sepantasnya program ini mendapat apresiasi dan terus lanjut,” ungkapnya. (Nanks/Koran HR)

Loading...