3 Sapi Mati Mendadak, Peternak di Ciamis: Kena Guna-guna

sapi mati mendadak
Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Enung Suryana (59) warga Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menduga sapi miliknya mati lantaran kena guna-guna.

Hal itu lantaran kematian sapi-sapi ternak miliknya mati tidak wajar. Dalam satu tahun ini, sudah  ekor sapi miliknya mati. Akibatnya Enung mengaku rugi hingga puluhan juta rupiah.

“Padahal awalnya sapi sehat-sehat saja, tapi tiba-tiba mati mendadak. Saya juga tidak tinggal diam, terus cari tahu apa penyebab kematian tiga ekor sapi saya ini, termasuk saya datangi orang pintar,” terang Enung kepada HR Online, Minggu (8/12/2019).

Dari orang pintar tersebut, Enung mendapatkan informasi jika tiga ekor sapi miliknya mati lantaran kena guna-guna atau ilmu sihir.

“Iya, katanya itu guna-guna yang dikirim orang lain dengan maksud dan tujuan tertentu. Intinya ingin mencelakakan, merugikan saya, sampai mau bertindak jahat ke pemiliknya ya saya ini,” katanya.

Enung mengungkapkan, dirinya merasa beruntunng karena guna-guna tersebut hanya kena ke ternak sapi miliknya.

“Memang saya awalnya juga tidak percaya, tapi sudah lima orang pintar yang saya datangi dan ditanya, mereka pendapatnya sama, sapi saya kena guna-guna, maka saya pun menduganya seperti itu,” tuturnya.

Kepercayaan terhadap dunia klenik atau metafisika terkait santet, sihir, dan guna-guna sebenarnya sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat. Namun, jika dilihat secara kultur dan budaya, ternyata  hal seperti itu sudah melekat pada budaya masyarakat setempat.

“Ya terlepas benar atau salahnya, yang jelas kita harus berlindung kepada Allah SWT dari kekuatan sihir para penyihir itu,” pungkas Enung. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...