Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Sembung Nyawa, Salah Satunya untuk Obati Kanker

Manfaat Daun Sembung Nyawa, Salah Satunya untuk Obati Kanker

Manfaat daun sembung nyawa atau sambung nyowo sudah terbukti sejak dulu mampu mengobati berbagai penyakit. Daun sembung nyawa merupakan salah satu tanaman yang dipercaya masyarakat Indonesia sebagai tanaman herbal.

Sembung nyawa adalah akar sebiak dengan nama latin Gynura Procumbens, banyak ditemui di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Tanaman ini sudah sejak dulu sering dimanfaatkan untuk obat tradisional berbagai macam penyakit.

Tanaman ini biasanya tumbuh liar, namun ada pula yang sengaja menanamnya dengan cara stek batang.  Pertumbuhan tanaman ini juga terbilang cepat dan mudah ditanam dimana saja apalagi di lokasi yang terpapar matahari.

Perlu anda ketahui, di dalam daun sambung nyawa terdapat banyak kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan seperti polifenol, saponin, tanin, quercetin, triterpenoid, steroid dan senyawa lainnya.  Kandungan mineral seperti kalium dan natrium pada sembung nyawa juga memberikan efek baik untuk pengobatan berbagai penyakit.

5 Manfaat Daun Sambung Nyawa

Berdasarkan berbagai penelitian, daun sambung nyawa banyak dipercaya oleh masyarakat mampu mengobati berbagai macam penyakit. Berikut 10 manfaat daun sembung nyawa yang perlu anda ketahui:

  1. Mancegah kanker dan tumor

Daun sembung nyawa ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker atau tumor. Kandungan senyawa antioksidan pada sembung nyawa mampu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker. Tak hanya mampu mencegah penyakit kanker dan tumor, daun ini pula dipercaya bisa membantu penyembuhan kanker dan tumor yang menyerang tubuh manusia.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun sambung nyawa juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Efek antikoagulan dari daun sembung nyawa dapat mencegah penggumpalan darah. Efek diuretik yang ada dalam daun ini juga membantu mengeluarkan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

3. Membantu Mengobati Sakit Ginjal

Efek diuretik dari daun sembung nyawa selain membantu mengeluarkan natrium dalam tubuh penyebab tekanan darah tinggi, juga bagus untuk pengobatan penyakit ginjal.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan ada baiknya mencoba mengkonsumsi daun sembung nyawa. Selama ini daun sembung nyawa dipercaya mampu mengobati beberapa masalah sistem pencernaan seperti disentri. Daun ini memiliki kemampuan mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, daun sambung nyawa juga baik digunakan untuk mengobati radang lambung atau maag.

5. Mengatasi Wasir/Ambeien

Mengkonsumsi daun sembung nyawa secara rutin bisa mengatasi masalah wasir atau ambeien. Bagi anda yang mengalami gejala wasir/ambeien bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus atau dijadikan lalapan.

Bagaimana Cara Konsumsi Daun Sambung Nyawa?

Mengkonsumsi daun sambung nyawa sangat mudah. Untuk anda yang ingin mengobati penyakit kanker, ginjal, maag, ambeien atau darah tinggi, Anda tinggal mengkonsuminya secara langsung, bisa dijadikan lalapan, bisa juga di jus ataupun direbus. Konsumsi sewajarnya saja, jangan berlebihan. Anda bisa mencoba mengkonsumsi tiga lembar daun sembung nyawa, sehari dua kali. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -